Sukses

Lifestyle

Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Usus dan Pencernaan

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Hal ini dapat dimulia dengan memilih makanan yang tepat. Makanan yang sehat akan membantumu untuk memenuh kebutuhan nutrisi. Nah, tahukah kamu jika di dalam tubuh kita terdapat bakteri baik yang bisa membantu memproses makanan.

Selain itu bakteri baik ini berfungsi untuk menyerap nutrisi, mendetoksifikasi racun, dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Usus dan sistem pencernaan harus dijaga kesehatannya, agar tidak mudah terserang penyakit, seperti diare atau sembelit.

Untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan, harus mengonsumsi probiotik dan prebiotik, yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan sehat. Berikut rekomendasi makanan sehat, untuk membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan, dirangkum dari berbagai sumber:

Asparagus

Rekomendasi makanan sehat yang pertama, yaitu sayuran jenis asparagus, yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Asparagus memiliki fungsi sebagai prebiotik, karena memiliki kandungan kadar insulin serat, yang tidak mudah untuk dicerna.

Kandungan prebiotik di dalam asparagur, bisa memberi makan bakteri baik di dalam usus dan sistem pencernaan, seperti bifidobacterial dan lactobacilli. Asparagus juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi, dan memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan pada usus.

Nanas

Rekomendasi jenis makanan sehat yang selanjutnya, yaitu buah nanas yang harus dikonsumsi, untuk membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain, yang memiliki fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, dan membantu memecah protein menjadi peptide untuk pencernaan.

Kandungan bromelain bisa mencegah sakit, dan mencegah peradangan di seluruh tubuh, terutama bagian usus dan sistem pencernaan. Enzim yang terkandung di dalam nanas, dapat membantu mengurangi sekresi sitokin proinflamasi, yang dapat merusak lapisan usus kita. 

Kimchi

Kimchi merupakan makanan khas dari Korea, yang mudah dimasak, dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kimchi dimasak dengan proses fermentasi sayuran. Proses fermentasi ini bisa membuat rasa kimchi lebih enak, dan bisa meningkatkan kandungan probiotik di dalam sayuran kimchi.

Kandungan probiotik hidup dan aktif yang ada di dalam kimchi, mampu meningkatkan sistem kerja usus, dan sistem kerja pencernaan. Kimchi juga memiliki kandungan serat dan antioksidan, yang bisa membantu mendetoksifikasi usus serta sistem pencernaan, agar tidak terkena diare atau sembelit.

Jahe

Rekomendasi makanan sehat yang terakhir, yaitu mengonsumsi jahe untuk menjaga kesehatan usus, dan melancarkan sistem pencernaan. Jahe berfungsi untuk menenangkan perut, meredakan mual, dan meringankan penyakit di usus serta sistem pencernaan.

Selain itu, jahe merupakan sumber vitamin C untuk tubuh, yang bisa membantu meningkatkan produsi sel imun tubuh. Jahe juga mengandung magnesium, kalium, tembaga dan mangan. Kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, jahe selalu dijadikan obat untuk mencegah kembung, dan bisa menyembuhkan diare serta sembelit.

Semoga informasi ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Tidur Berlebihan yang Patut Diketahui serta Bahayanya untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
20 Kutipan Terbaik Novel The Alchemist Karya Paolo Coelho yang Fenomenal