Sukses

Lifestyle

5 Jenis Minuman Sehat untuk Mengurangi Nyeri Haid

Bagi sebagian besar perempuan yang tengah memasuki masa haid atau menstruasi pasti merasakan yang namanya nyeri. Nyeri di sekitaran area perut merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami perempuan saat sedang haid. Ada berbagai faktor yang menyebabkan rasa nyeri haid ini seperti perubahan hormon.

Kondisi ini kerap kali mengganggu aktivitas perempuan sehari-hari. Nah, untuk mengatasi nyeri haid, umumnya perempuan kerap mengonsumsi obat anti nyeri yang dapat dibeli bebas untuk meringankan rasa nyerinya. Selain itu, perubahan pola makan dan olahraga juga ditemukan dapat mencegah terjadinya nyeri haid.

Nah, untuk mencegah nyeri haid, ternyata ada beberapa minuman yang bisa kamu konsumsi. Berikut ini Fimela.com, telah mengumpulkan 5 jenis minuman sehat untuk mengurangi nyeri haid. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Air Hangat

Jenis minuman sehat untuk mengurangi nyeri haid paling mudah yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi air hangat. Cara yang paling mudah dan murah ini ampuh banget untuk meredakan nyeri haid.

Air hangat mampu mendetoksi tubuh dengan baik dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar tak terkecuali saat haid. Selain meredakan nyeri haid, mengonsumsi air hangat selama masa haid juga bisa meredakan kembung.

Jus Nanas

Selain air hangat, saat sedang merasakan nyeri haid kamu juga bisa mengonsumsi jus nanas untuk meredakannya. Pada buah nanas mampu meredakan nyeri karena terdapat kandungan bromelain yaitu enzim yang dapat meredakan peradangan, termasuk ketegangan otot yang menyebabkan nyeri haid.

Namun perlu diperhatikan, untuk tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Teh Chamomile

Teh chamomile selain lezat juga bebas kafein. Teh ini dapat membantu mengurangi kejang otot, terutama saat otot perutmu kejang sehingga menjadi kram.

Menurut pakar nutrisi dan ahli diet Amerika Serikat, Joy Bauer. Teh Chamomile ini juga dapat menenangkan atau membuatmu jauh lebih rileks menghadapi hari-hari kamu selama haid.

Jus Wortel

Selain jus nanas, minuman sehat yang juga bisa mengurangi nyeri haid selanjutnya adalah jus wortel yang sebelumnya memang terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan iron membantu tubuh agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan.

Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula dapat menjadi cara melancarkan haid yang efektif.

Jus Pisang

Kandungan pisang yang kaya akan vitamin B dapat membantu melawan PMS dan nyeri haid. Kamu juga bisa menambahkan bahan ini dengan campuran susu kedelai atau yogurt untuk menambahkan sedikit kalsium, kemudian taburkan beberapa kacang mede, yang kadar magnesiumnya juga akan mengurangi kram di perutmu.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
15 Penyebab Sakit Telinga yang Perlu Diwaspadai, Lengkap Beserta Gejala dan Penanganannya
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mencegahnya