Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Cerita Sukses Susu Mbok Darmi yang Viral di Kantin Kampus

Fimela.com, Jakarta Masih ingat dengan Susu Mbok Darmi? Jagat maya pernah dihebohkan dengan lagu "Segarnya Susu Mbok Darmi". Hingga kini lantunan lagu ini mungkin masih terngiang di telingamu.

Susu Mbok Darmi ini sebenarnya merupakan merek minuman berbahan susu pasteurisasi yang digarap oleh Dhony Pratama. Berawal dari satu outlet di kantin kampus, kini Susu Mbok Darmi berkembang menjadi 36 outlet dengan 130 karyawan.

Sebelum viral, Dhony Pratama hanya berniat mencari tambahan yang uang jajan kuliah dari berjualan susu. Ia sendiri tidak pernah menyangka jika ide bisnis sederhana yang dipikirkannya bisa dikenal masyarakat dan viral di media sosial.

Kala itu, Dhony masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. Ia pun melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang ia pelajari.

Dari ide bisnis sederhana

“Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony.

Dhony pun memilih nama Mbok Darmi sebagai merek susu buatannya karena terdengar sederhana dan sangat mencerminkan Indonesia. Susu Mbok Darmi pun kemudian tampil dengan slogan nyeleneh yang membuat viral dan menuai popularitas.

Fokus marketing dan kualitas produk

Dari sisi marketing, Dhony mulai memasuki ranah digital dengan memanfaatkan kampanye tanggal cantik yang umumnya dirayakan sejumlah marketplace. Lewat kampanye ini, Dhony mengaku penjualan Susu Mbok Darmi bisa meningkat hingga 36%. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman, menjadi membeli lebih banyak untuk bisa menikmati promo menarik di tanggal cantik.

Meski kini sudah viral, Dhony merasa masih memiliki tugas berikutnya untuk mengembangkan bisnis Susu Mbok Darmi. Yakni mempertahankan kualitas dan pelayana prima. Untuk itu, Dhony selalu berusaha menjaga ketat kualitas Susu Mbok Darmi dengan quality control berlapis yang ia lakukan setiap hari.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kombinasi Bahan Alami untuk Meluruskan Rambut Mengembang
Artikel Selanjutnya
Olahan Produk Susu Terbaik Tercipta dari Perjalanan From Grass to Glass