Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Play Store Tidak Bisa Mendownload Applikasi

Fimela.com, Jakarta Pernah tidak dapat mengunduh beberapa applikasi di Play Store? Tentu hal ini akan membuat kamu bingung dan penasaran apa yang menjadi penyebab HP kamu tidak dapat mendownload applikasi di play store.

Mungkin kamu akan mengira bahwa kamu tidak memiliki paketan internet, hal ini bisa saja terjadi. Tapi jika kuota internet masih banyak dan menggunakan WiFi dan tidak dapat mendownload apa penyebabnya?

Meskipun terkadang hal ini akan membuat kamu panik dan khawatir, jika HP kamu mengalami masalah. Tetapi kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena masalah ini ada penyebabnya dan solusinya. Berikut beberapa penyebab Play store tidak bisa mendownload applikasi:

1. Perangkat yang Tidak Cocok

Penjelasan paling umum mengapa tidak dapat mengunduh applikasi tertentu di Google Play maupun Play Store merupakan pengembang applikasi yang telah menandai sebagai “tidak kompatibel” untuk perangkat kamu.

Mungkin saat akan mendownload kamu melihat terdapat pesan “Applikasi ini tidak tersedia untuk perangkat kamu” ataupun “Applikasi inti tidak tersedia untuk perangkat kamu manapun”.  

Namun, hal ini tidak selalu menunjukkan bahwa applikasi tersebut tidak memiliki peluang untuk bekerja di perangkat kamu. Pengembang biasanya akan memilih untuk menghadapi applikasi sebagai tidak kompatibel karena gangguan atau bug yang tidak dapat diperbaiki dengan model khusus.

2. Pembatasan Wilayah

Penjelasan umum lainnya saat tidak menemukan applikasi di Play Store adalah applikasi tersebut tidak berfungsi di negara atau wilayah kamu. Hal ini memungkinkan karena pembatasan pemerintah, tetapi hal ini lebih sering terjadi karena keputusan pengembang untuk menyaring orang-orang yang tidak menggunakan applikasi.

Misalnya jika kamu menggunakan memasang applikasi editing foto khusus Negara China, tetapi kamu tinggal di Indonesia. Bahkan, jika kamu memaksa applikasi untuk menginstall dengan mengesampingkan ponsel kamu, tetap tidak akan membuat kamu kamu berjalan dengan baik.

3. Fitur Perangkat Hilang

Jika ponsel kamu sudah cukup lama dan tidak memiliki komponen yang diperlukan di applikasi, maka tidak akan bisa meginstalnya dari Play Store. Sebuah applikasi biasanya akan membutuhkan sumber daya  mungkin akan memerlukan sejumlah RAM. Salah satu solusinya yaitu dengan meningkatkan perangkat ke lebih baru.

4. Menjalankan Android Versi Lama

Selain persyaratakn perangkat keras, banyak applikasi yang memiliki persyaratan perangkat lunak dalam bentuk versi Android Ponsel kamu. Untuk memeriksanya kamu dapat mengunjungi applikasi di web Play store. Biasanya setiap versi utama Android yang baru akan menghadirkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang dapat digunakan di applikasi.

5. Ruang Penyimpanan Tidak Memadai

Pernah kamu mengecek ruang penyimpanan di handpone kamu? Beberapa applikasi yang kamu download mungkin akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan di perangkat kamu.

Jika ponsel kamu memiliki sedikit ruang penyimpanan, inilah alasan kenapa play store tidak bisa mendownload applikasi. Dengan begitu kamu perlu untuk mengosongkan ruang di perangkat Android dan memberi ruang bagi applikasi baru. Mungkin kamu perlu mencopot applikasi lama, menghapus foto maupun video lokal di penyimpanan cloud, dan sejenisnya.

6. Gangguan Google Play Store

Jika kamu menemukan applikasi yang sepertinya kompatibel dengan perangkat kamu, tetapi unduhan tidak akan berfungsi karena beberapa alasan tertentu. Kemungkinan kamu memiliki masalah dengan applikasi Google Play Store. Ketika unduhan atau penginstallan dari Play Store tidak berfungsi dengan benar, maka kamu harus me-reboot ponsel terlebih dahulu.

7. Applikasi Dihapus Dari Play Store

Mungkin hal ini masih nampak asing bagi kamu, satu kemungkinan alasan lain mengapa kamu tidak bisa mendownload di Play Store karena applikasi tersebut sudah tidak tersedia. Jika kamu menginstall atau melihat applikasi dalam beberapa waktu lalu, tapi sudah tidak melihatnya sekarang, mungkin pengembang atau Google sudah menghapusnya.

Kamu perlu memahami mengapa applikasi yang akan kau unduh tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika beberapa applikasi yang akan kamu unduh tidak ada di Playstore, jika applikasi tersebut tidak tersedia di Negara kamu tidak banyak yang dapat kamu lakukan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Aneka Jenis Tepung Terigu Serbaguna
Artikel Selanjutnya
Ketahui Manfaat Telur Setengah Matang Beserta Tips Memasaknya