Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kamu Tak Boleh Terlalu Percaya Diri di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Sifat percaya diri adalah salah satu sifat yang penting dimiliki oleh seseorang terutama saat ia berada di dunia kerja. Dengan rasa percaya diri yang baik, ini akan membuat seseorang semakin yakin pada kemampuan atau potensi dalam dirinya. Sifat percaya diri juga akan membantu seseorang terlihat lebih mengesankan, memesona dan mengagumkan. 

Namun Sahabat Fimela, meski sifat percaya diri adalah sifat yang baik, terlalu percaya diri di tempat kerja justru tidak baik. Ketika kamu terlalu percaya diri pada kemampuanmu di tempat kerja, ini bisa berpotensi membuatmu tergesa-gesa dalam mengambil setiap keputusan. Ini juga bisa mengancam karirmu ke depannya. 

Mengutip dari laman brianlaw.com, ada beberapa alasan kamu tak boleh terlalu percaya diri di tempat kerja. Alasan tersebut antara lain sebagai berikut:

Menurunnya Performa Kerja

Orang yang terlalu percaya diri biasanya menganggap bahwa setiap pekerjaannya telah terlesaikan dengan baik. Ia juga menganggap bahwa dirinya adalah yang terbaik di antara pekerja yang lain. Padahal dalam kenyataannya, ia tak sebaik bayangannya. Rasa yang terlalu percaya diri tidak jarang membuat performa kerja justru menurun karena ia tak mau belajar mengenai segala hal baru terkait pekerjaannya.

Dibenci Rekan Kerja

Tak sedikit orang yang terlalu percaya diri menjadi pribadi yang lebih angkuh, arogan dan sombong. Karena sifat ini, rekan kerja pun berpotensi besar untuk membencinya. Karena kebencian dari rekan kerja yang lain, ini bisa menimbulkan konflik dan rasa tidak nyaman di tempat kerja.

Produktivitas Menurun

Saat tempat kerja tak lagi nyaman karena adanya konflik atau rekan kerja yang tak seramah dulu, ditambahkan dengan performa kerja yang menurun, ini bisa membuat produktivitas organisasi atau perusahaan menurun. Jika sudah begitu, kamu bisa menjadi pihak yang banyak disalahkan atas masalah ini.

Salah dalam Mengambil Keputusan

Terlalu percaya diri akan membuat seseorang terkadang sangat tergesa-gesa dalam mengambik keputusan. Ini nantinya berisik meningkatkan risiko kesalahan dalam mengambil setiap keputusan. Dan jika keputusan yang diambil salah, tentunya ini berdampak negatif pada karirmu ke depan bahkan kelanjutan perusahaan.

Menjadikanmu Sebagai Pribadi yang Angkuh

Orang yang terlalu percaya diri seringkali menjadi angkuh, sombong dan merasa paling benar sendiri. Ia akan rentan merendahkan dan meremehkan orang lain. Saat ia melakukan kesalahan, ia justru cenderung menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi. 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu tak boleh terlalu percaya diri di tempat kerja. Semoga informasi ini bermanfaat. Tetaplah jadi pribadi yang mengagumkan dengan segala kesederhanaan, keramahan dan kecerdasan yang kamu miliki. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading