Sukses

Lifestyle

6 Tips Membuat To Do List yang Efektif agar Lebih Produktif

Fimela.com, Jakarta Membuat to do list atau daftar apa saja yang harus dilakukan memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Membuat to do list dapat membantumu mengingat dan menentukan prioritas dalam mengerjakan suatu hal sehingga semua kegiatan dan tugasmu dapat terorganisir dengan baik. Namun sayangnya, bagi sebagian orang to do list yang mereka buat seringkali tidak efektif. Banyak dari mereka yang tidak on track mengikuti daftar to do list yang mereka buat.

Untuk itu Fimela mau kasih kamu solusi untuk permasalahan tersebut. Di bawah ini ada beberapa tips membuat to do list yang efektif agar kamu lebih produktif lagi. Yuk simak penjelasannya!

1. Menulis Semua Kegiatan yang akan Dilakukan

Tips yang pertama membuat to do list yang efektif adalah dengan menuliskan semua kegiatan yang akan kamu lakukan. Setiap harinya pasti ada beragam kegiatan atau tugas yang harus kamu lakukan. Menuliskan apa saja kegiatan dan tugas yang akan kamu lakukan akan membantumu mengingat apa saja yang akan kamu lakukan di esok hari. Usahakan menulis to do list dengan rinci. Kamu bisa menuliskan to do list sesuai format yang kamu suka. Misalnya kamu bisa buat kolom tanggal, jam, kegiatan dan catatan untuk menuliskan tugas harianmu.

Kamu bisa menulis to do list kegiatan dan tugas apa saja yang akan kamu lakukan besok setiap malam sebelum tidur. Jangan menulisnya di pagi hari karena ditakutkan kamu akan terburu-buru dan agenda yang kamu buat akan berantakan.

2. Menentukan Skala Prioritas

Tips yang kedua adalah kamu harus menentukan skala prioritas. Menentukan skala prioritas ini penting kamu lakukan dalam membuat to do list. Dengan menentekan skala prioritas kamu akan mengindentifikasi mana tugas yang sangat penting, penting, dan tidak terlalu penting. Pastikan kamu mengurutkan dari kegiatan dan tugas yang sangat penting hingga yang tidak terlalu penting. Tugas yang sangat penting adalah tugas yang harus dikerjakan secepatnya dan tidak mungkin ditunda lagi.

3. Memperkirakan Waktu Penyelesaian Setiap Tugas

Dalam membuat to do list tambahkan keterangan untuk menjelaskan perkiraan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan setiap tugas. Apakah semua tugas yang kamu masukan ke dalam to do list harianmu bisa diselesaikan dalam hari yang sama atau hanya sebagian saja.

Dengan menambahkan keterangan perkiraan waktu untuk menyelesaikan sebuah tugas kamu jadi tahu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan semua tugas. Jika semua tugas membutuhkan waktu melebihi waktu harian, kamu bisa atur skala prioritas. Kerjakan tugas yang sangat penting terlebih dahulu.

4. Gunakan Kata Perintah

Fungsi utama to do list adalah sebagai pengingat dan perintah kepada diri sendiri untuk mengerjakan hal-hal yang harus dikerjakan. Maka tips selanjutnya membuat to do list agar efektif adalah menggunakan kata perintah. Membuat to do list menggunkan kata perintah memicu dirimu untuk serius mengerjakan tugas-tugas yang sudah kamu tulis. Misal jika esok hari kamu ingin menyelesaikan tugas makalah maka kamu bisa menuliskannya dengan “kerjakan tugas makalah” alih alih hanya menulisnya “makalah” saja.  Jika perlu tambahkan kata-kata penyemangat dan alasan-alasan mengapa tugas tersebut harus kamu selesaikan di esok hari.

5. Gunakan Checklist

Tips selanjutnya adalah gunakan checklist. Checklist semua tugas yang sudah kamu kerjakan. Penggunaan checklist ini akan memudahkanmu melihat dan mengingan mana saja tugas yang sudah kamu kerjakan mana yang saja tugas yang belum kamu kerjakan.

6. Evaluasi Diri

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengevaluasi to do list yang kamu buat. Jika semua tugas yang kamu kerjakan sesuai dan selesai tepat waktu seperti yang sudah kamu rencanakan berikanlah self reward untuk dirimu. Kamu tidak perlu memberikan dirimu dengan hadiah yang mahal. Kamu bisa memberikan dirimu sendiri pujian atau motivasi agar lebih semangat lagi.

Jika kamu merasa belum berhasil mengikuti to do list yang kamu buat, jangan cepat kecewa dan memarahi diri sendiri. Kamu bisa merenungkan apa saja yang membuat kamu gagal mengikuti to do list yang kamu buat dan menemukan solusi agar kedepannya kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu seperti yang kamu rencanakan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar to do listmu efektif dan kamu bisa semakin produktif. Semoga bermanfaat ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading