Sukses

Lifestyle

5 Rutinitas yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Selain sehat secara fisik, kita juga harus sehat secara mental. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial seseorang. Selain itu, kesehatan mental juga berhubungan erat dengan kemampuan diri dalam mengatur dan mengatasi emosi menjadi fokus kesehatan mental. Tapi tidak bisa dipungkiri ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi kesehatan mental, seperti lingkungan tempat tinggal, pengalaman, atau silsilah keluarga.

Mental yang sehat akan membantu Sahabat Fimela dalam mengelola emosi dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kesehatan mental memperngaruhi banyak hal di kehidupan, seperti cara pandang dan kemampuan menyelesaikan masalah. Itulah mengapa penting untuk mulai menjaga kesehatan mental dari rutinitas yang paling mudah di kehidupan. Dilansir dari healthline.com inilah 5 rutinistas yang baik untuk menjaga kesehatan mental:

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat tidak hanya berperan penting pada kesehatan fisik. Tapi juga untuk kesehatan. Jika tubuh tidak mendapatkan istirahat dengan cukup dan berkualitas, kesehatan mental dapat terganggu. Seperti perasaan tidak nyaman atau lelah yang berlebihan. Istirahat cukup yang dimaksud mencakup tidur dengan cukup sekitar 7-8 jam setiap hari. Sahabat Fimela juga perlu mengetahui waktu yang tepat kapan istirahat dan kapan harus beraktivitas. Istirahat yang berlebihan juga tidakbaik untuk kesehatan mental karena akan menimbulkan rasa malas dan lesu yang berlebihan.

2. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri pada zaman yang serba modern ini, media sosial dapat menjadi salah satu alasan gangguan mental. Terlalu banyak bermain media sosial berarti terlalu banyak mengonsumsi informasi kehidupan orang lain dan menyebabkan kecenderungan membandingkan diri dengan orang lain. sehingga lebih banyak merasa rendah diri dan cemas, bahkan depresi. Mengurangi penggunaan media menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

3. Rutin Olahraga

Olahraga menawarkan kesehatan tidak hanya bagi kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental. Rutin berolahraga dapat membantu mengurangi stres dan membantu mengelola gejala depresi dan kecemasan. Lakukanlah olahraga yang Sahabat Fimela sukai agar tubuh lebih rileks. Seperti jogging, gym, berenang, atau sekadar bersepeda. Jika tidak sempat untuk berolahraga, mungkin yoga atau meditasi di pagi hari bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Menjaga Pola Makan

Selain istirahat yang cukup, kesehatan mental juga dapat dijaga dengan menjaga pola makan. Pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dan jangan lupa mengonsumsi air yang cukup. Jangan sampai dehidrasi karena saat dehidrasi otak dan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk beroperasi secara maksimal.

5. Jangan Berdiam Diri

Jangan berdiam diri saja jika ingin mental yang sehat. Berdiam diri akan menambah rasa lesu yang berlebih. Suasana dan suhu di dalam ruangan jelas berbeda dengan di luar ruangan. Perlu diketahui bahwa sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati. Sahabat Fimela dapat jalan ringan atau mengobrol dengan orang terdekat untuk menstabilkan gejolak emosi yang sedang dihadapi.

Sekarang Sahabat Fimela sudah tahu rutinitas-rutinitas yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental ternyata sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading