Sukses

Lifestyle

Memiliki Pengendalian Diri yang Kuat, Ini 10 Tanda Orang dengan Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Fimela.com, Jakarta Dilansir dari simplypsychology.org, menurut Howard Gardner, seorang psikolog Harvard, terdapat 8 tipe kecerdasan berbeda yang dimiliki manusia. Masing-masing dari kecerdasan ini merepresentasikan bagaimana mereka memproses informasi yang ada dengan cara yang terbaik. Dari Theory of Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Howard Gardner, jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki manusia adalah kecerdasan linguistik, kecedasan logis-matematis, kecerdasan musikal, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik jasmani, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalistik.

Secara umum, akan terlihat jika seseorang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Terlepas dari kecerdasan apa yang dimilikinya, tetapi tanda-tanda akan kecerdasannya terlihat dengan jelas. Dilansir dari psychologs.com, berikut adalah 10 tanda seseorang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Sikap yang menyenangkan dan pekerja keras

Orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata biasanya memiliki sikap yang positif terhadap berbagai hal dalam kehidupan, baik itu urusan personal maupun profesional. Mereka sangat terbuka dengan kritik dan saran untuk membuat diri menjadi lebih baik. Mereka juga memiliki etos kerja yang tinggi karena selalu ingin mengembangkkan diri tanpa memikirkan pujian dari orang lain. Orang-orang yang cerdas cenderung senang untuk mengambil risiko dan tantangan sebagai momentum bagi diri mereka untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Tepat sasaran dan kredibel dalam mengambil keputusan

Orang dengan tingkat kecerdasan tinggi dikenal dengan kemampuan pengambilan keputusan yang kuat berdasarkan intuisinya. Mereka akan mudah melihat keuntungan dan kerugian yang akan dialami ketika mengambil keputusan tertenu. Mereka dapat menganalisis dengan cepat dan akurat, sehingga menghasilkan putusan yang tepat.

Memiliki pengendalian diri yang kuat

Orang dengan tingkat kecerdasan tinggi sangat disiplin dan pandai dalam mengendalikan emosi pribadinya. Pengendalian diri yang baik adalah tanda bahwa seseorang sudah dewasa dalam bersikap dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka tidak impulsif dan lebih tenang jika dihadapkan dengan kondisi-kondisi yang tidak nyaman. Mereka memberikan ruang bagi otak mereka untuk memecahkan masalah daripada berfokus pada masalahnya itu sendiri.

Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi

Sejalan dengan kemampuan logisnya yang tinggi, orang cerdas juga memiliki kecerdasan emosi yang baik. Mereka dapat memahami emosi dan memiliki kemampuan untuk terhubung secara emosional dengan orang lain. Mereka dapat menunjukkan kasih sayang, empati, dan selalu mengetahui kata-kata yang tepat untuk diberikan kepada orang lain. Tidak hanya peka terhadap perasaan orang lain, orang dengan kecerdasan tinggi juga peka terhadap perasaan dan emosi pribadinya.

Berpikir analitis

Orang dengan kecerdasan yang tinggi menunjukkan kemampuan untuk berpikir analitis dan memperhatikan detail dengan baik. Mereka memiliki kemampuan untuk berpikir out of the box yang menghasilkan pemikiran kreatif dan beragam. Walaupun terkadang mereka tidak terlalu kreatif, tetapi mereka memiliki kemampuan lebih untuk berpikir secara analitis dan kritis.

Tinggi akan rasa penasaran dan senang mencoba hal baru

Siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana adalah hal yang sering ditanyakan oleh orang-orang cerdas. Mereka secara natural memiliki rasa penasaran yang tinggi dan ingin mendapatkan pengetahuan baru. Orang cerdas sangat ingin untuk mempelajari berbagai aspek kehidupan, seperti tentang kebudayaan, sejarah, dunia, hingga tentang manusia itu sendiri.

Adaptif

Orang yang cerdas memiliki adaptabilitas yang tinggi. Mereka mampu untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru dan hal-hal yang berubah dengan cepat. Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata dapat dengan mudah beradaptasi dengan hal dan lingkungan baru serta tantangan baru. Berkat kemampuan beradaptasinya, mereka mengetahui celah untuk mengambil kesempatan baru yang menguntungkan.

Skeptis

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata senang untuk mempertanyakan banyak hal. Mereka senang untuk berpikir secara kritis terhadap hal-hal baru dan menanyakan hal-hal yang mengganjal di kepalanya. Dengan sikapnya yang skeptis, mereka dapat memahami apa yang mereka ingin pahami secara menyeluruh dan menganalisisnya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Senang mengobservasi

Observasi adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh orang dengan kecerdasan di atas rata-rata. Orang-orang cerdas gemar untuk memproses informasi yang rumit dan senang untuk melihat detail terkecil sekalipun. Mereka akan dengan mudah mengidentifikasi kesalahan yang ada atau inkonsistensi yang ada. Walaupun demikian, mereka tidak terburu-buru dalam melakukan suatu pekerjaan karena mereka lebih memilih untuk menggunakan waktu sebaik mungkin guna menganalisis dan memahami sesuatu.

Berpikiran terbuka

Orang yang cerdas tidak akan menutup diri dari hal-hal baru dan pandangan-pandangan yang berbeda dari dirinya. Orang cerdas akan dengan tangan terbuka menerima segala pandangan, ideologi, dan pendapat yang beragam sebagai bentuk dari beragamnya bentuk manusia di muka bumi. Dengan berpikiran terbuka, manusia akan lebih mudah berkembang karena pandangannya yang selalu mendapatkan perubahan.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading