Sukses

Lifestyle

3 Permainan yang Dapat Meningkatkan IQ dalam Menyelesaikan Masalah

Fimela.com, Jakarta Jika kamu salah satu orang yang suka menyelesaikan beberapa permainan di bawah ini, maka kamu adalah orang beruntung yang memiliki IQ tinggi loh! Tidak semua orang gemar memainkan beberapa hal berikut. Pelatihan dan pengembangan berkelanjutan penting untuk mendukung pengembangan profesional dan kesuksesan.

Beberapa game berikut yang sering kamu mainkan sangat menambah tingkat profesionalitas dalam dirimu. Meskipun tantangan sehari-hari sudah cukup melelahkan, kamu akan tetap berpikir untuk memainkan beberapa game berikut. Bagimu meredakan stress dan menghibur. Justru bagi beberapa orang game berikut membawa pikiran tambah jauh lebih sulit dan stress.

Berikut beberapa game yang dapat meningkatkan IQ, karena dinilai dapat meningkatkan strategi dan ketelitian dalam diri. Apa sajakah? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sudoku

Sudoku adalah teka-teki logika yang menggunakan angka dan mengharuskan kamu untuk mengidentifikasi pola memecahkan teka-teki yang terdapat dalam game. Teka-teki ini mencakup kotak besar dengan sembilan kotak di dalamnya, dan terdapat garis kotak untuk membuat sembilan ruang di setiap kotak. Jika kamu berhasil menyelesaikan teka-teki dengan menuliskan angka satu sampai sembilan dalam kotak tanpa mengulangi angka yang sama dalam satu baris, kolom, atau kotak maka kamu akan memenangkannya. Hal ini memerlukan pemikiran analitis, pengenalan pola, pemikiran logis dan keterampilan matematika. Cobalah untuk memainkannya secara rutin dan kamu akan lebih terampil dan teliti. 

2. Catur

Meskipun banyak teka-teki seperti teka-teki silang dan Sudoku dimana menggunakan sisi otak kiri atau sisi dengan dominan logika, catur secara aktif menantang sisi kanan, yang bertanggung jawab atas keterampilan kreativitas. Catur akan memperluas keterampilan pemecahan masalah karena memerlukan pertimbangan solusi terhadap skenario yang selalu berubah. Jika kamu masih baru dalam bermain catur, hal ini berarti kamu harus mengandalkan hafalan gerakan-gerakan berbeda yang dapat dilakukan setiap bidak catur. Saat kamu rutin bermain dan mencoba maka keterampilan kamu juga akan meningkat, ini memungkinkan kamu dalam mengembangkan dan merencanakan strategi, mendorong alur pemikiran yang lebih logis. Memang bermain catur bukanlah hal yang mudah, namun jika kamu mau berpikir kritis dan berusaha, mungkin kamu ternyata bisa memenangkannya. 

3. Riddle

Jika kamu gemar bermain riddle, dimana riddle sangat mengupayakan ketelitian dan tingkat kepekaan yang tinggi, maka kamu adalah orang dengan IQ tinggi. Riddle sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi dimana mencari suatu akar permasalahan melalui kejadian atau cerita yang menghasilkan suatu kasus. Jika kamu bisa menyelesaikan dan mendapati permasalahan utama, maka kamu dapat memenangkan game ini. Cobalah bermain riddle jika kamu sangat menyukai kegiatan yang penuh misteri dan permainan detektif. 

Nah itu dia beberapa beberapa permainan yang dapat meningkatkan IQ-mu. Kamu bisa memainkan beberapa permainan berikut dengan menggunakkan gadget mu loh. Jika kamu memang menyukainya atau melakukan permainan ini dikala senggang, maka kamu beruntung bisa memainkannya. Tidak semua orang bisa memainkan permainan sulit yang membutuhkan strategi seperti itu. Teruslah mengupayakan segala hal yang berdampak positif bagi pola pikirmu. Tetap semangat, semoga bermanfaat ya! 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading