Sukses

Lifestyle

Art Jakarta Gardens 2024 Dibuka, Sinergi Alam dan Ekspresi Seni Hadirkan Ratusan Karya di Hutan Kota by Plataran

Fimela.com, Jakarta Art Jakarta Gardens resmi dibuka kemarin, Selasa (23/4/2024) di tengah hijau dan suburnya Hutan Kota by Plataran. Perayaan seni kontemporer yang unik ini bisa kamu nikmati hingga 28 April 2024.

Di Art Jakarta Gardens, pengunjung bisa menemui 23 galeri terkemuka dan 30 patung luar ruangan. Ini merupakan edisi ketiga, di mana pekan raya Art Jakarta Gardens kembali mewadahi semangat kolaborasi di bidang seni dan kreatif.

Art Jakarta Gardens secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Himar Farid. Hadir juga di hari pertama, Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mohammad Amin.

"Art Jakarta Gardens merupakan manifestasi dari sinergi antara alam dan ekspresi seni, yang memberi kesempatan pada masyarakan untuk merasakan dan memahami seni dalam konteks yang lebih luas dan terbuka," ungkap Hilmar Farid.

Art Jakarta Gardens digagas pertama kali pada 2022, berkat dukungan dan antusiasme besar dari kancah seni rupa. Tahun ini, Art Jakarta Gardens hadir lebih ajek seiring meluasnya perhatian publik terhadap pendekatan yang menarik untuk menyajikan seni.

Di sini, pengunjung juga bisa menikmati program unggulan Sculpture Garden, yang memajang karya patung para seniman piawai lintas generasi, seperti G. Sidharta, Nyoman Nuarta, Asmudjo J. Irianto, Joko Avianto, Arkiv Vilmansa, Dian Hardiansyah, hingga Gabriel Aries. Tak hanya itu, Art Jakarta Gardens juga menampilkan serangkaian luas ragam karya seni dalam dan luar ruangan.

"Sebagai grup perhotelan lokal Indonesia, Plataran menjunjung 3 pilar utama, yaitu alam, budaya, dan komunitas. Bersama Art Jakarta Gardens, Plataran mewujudkan ketiga pilar itu dengan mewadahi komunitas seni untuk melakukan ekshibisi di taman, di alam terbuka," tambah Yozua Makes, CEO dan Founder Plataran Indonesia.

Instalasi seni hasil kolaborasi para mitra utama Art Jakarta Gardens

Pengunjung berkesempatan menyesapi dunia kreativitas, menjelajahi kekayaan ekspresi artistik berlatar oasis di tengah Jakarta. Berikut ini adalah beberapa instalasi seni hasil kolaborasi dengan mitra utama Art Jakarta Gardens.

1. Bibit X Erwin Windu Pranata

Bibit menghadirkan Erwin Windu Pranata, seniman multidisipliner dari Bandung. Erwin memamerkan patung tiup yang terinspirasi dari penjelajahan terhadap kebun miliknya. Karya ini dirancang khusus untuk Art Jakarta Gardens dan diberi tajuk "The Bouquet: Fall, Grow," sebagai seruan menghormati alam dan siklus kehidupannya.

2. Treasury X Naufal Abshar

Treasury menghadirkan seniman muda berbakat Naufal Abshar yang merancang koin emas untuk edisi terbatas. Karyanya ini disajikan di dalam instalasi yang diciptakan khusus dan diberi tajuk "Gold is King," menyoroti keutamaan emas sepanjang masa. Figur keledai di dalam instalasi juga memberi penekanan pada makna keajekan dan stabilitas, terutama dalam situasi sulit atau kacau.

3. Xiaomi X Davy Linggar

Art Jakarta Gardens menyambut hadirnya mitra baru Xiaomi yang mengundang salah satu seniman fotografi Indonesia, Davy Linggar. Mereka memperkenalkan produk unggulan terbaru Xiaomi, yaitu Xiaomi 14 dengan fitur kamera yang digarap bersama Leica. Di Art Jakarta Gardens, Xiaomi memamerkan "Face to Face," yang terdiri dari 14 karya Davy Linggar.

4. iForte X Tomy Hersata

iForte menghadirkan karya Tomy Hersata yang diberi tajuk "Here, Nowhere Hear," sebuah instalasi bunyi spasial yang mengandung unsur-unsur interaktif sebagai cermin realitas era digital yang terfragmentasi. Karya ini adalah sebuah seruan untuk merenungkan perjalanan bersama di sepanjang lautan informasi yang bergolak, sekaligus pengingat akan kekuatan dan kelemahan dunia yang terkoneksi.

5. Roca X this/PLAY

Art Jakarta Gardens juga menyambut Roca dengan kolaborasinya bersama this/PLAY, yang menghadirkan secuplik pengalaman multisensori dalam instalasi bertajuk "Luxury Crime (After Agus Suwage)." Instalasi ini mencoba menangkap esensi kesunyian di tengah kekacauan.

Jangan kelewatan gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Art Jakarta Gardens juga menghadirkan program publiknya, yang terdiri dari seni performans, dibawakan oleh seniman multidisipliner Monica Hapsari dan kawan-kawan, serta sajian musik istimewa RURUradio Lounge yang dikurasi dan dikelola oleh RURUradio dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation. Di akhir minggu pada tanggal 27 dan 28 April 2024, RURUradio Lounge akan menghadirkan live music dari White Shoes and the Couples Company, Keroncong Musyawarah, Rani Jambak, Lair, Lorjhu, dan Oomleoberkaraoke.

Terakhir, Art Jakarta Gardens juga bermitra dengan Luar. Luar menyempurnakan pengalaman pengunjung saat berjalan-jalan di pekan raya ini, di mana karya patungnya didukung oleh base kualitas tinggi dari PVC dan HPL buatan TACO.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading