Sukses

Parenting

Sederhana Tapi Ampuh Membuat Anak Anda Lebih Mandiri

Anak-anak memang selalu cenderung bersifat manja dan itu adalah hal yang normal. Sebagai orang tua Anda mungkin juga sering memanjakan anak Anda, sehingga tidak jarang mereka selalu bergantung pada Anda. Anda juga harus menyadari seiring berjalannya waktu anak Anda akan tumbuh dan tidak mungkin selalu menggantungkan segala hal pada Anda. So, mulai sekarang sudah saatnya Anda mengajari mereka untuk mandiri. Di mulai dari hal-hal kecil akan membuat mereka lebih siap menghadapi dunia nantinya.

Seperti yang dilansir oleh allwomanstalk.com inilah beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa Anda coba pada anak Anda

Biarkan Mereka Berpikir Sendiri
Anak-anak cenderung akan lebih banyak bertanya tentang banyak hal kepada Anda. Sesekali biarkanlah mereka berpikir sendiri. Biarkan mereka menentukan apapun yang mereka pikirkan. Hal ini adalah cara melatih anak Anda untuk mengambil keputusan sendiri tanpa bergantung kepada Anda.

Memilih Baju
Jika selama ini Anda yang selalu memilih sekaligus menyiapkan baju bagi mereka, mulai hari ini biarkan anak Anda yang melakukan sendiri. Ajari mereka untuk memilih baju yang cocok untuk setiap aktivitasnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk anak. Mereka akan lebih mandiri dan berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Rencana Weekend
Sesekali biarkan anak Anda yang membuat rencana akhir pekan yang menyenangkan untuk keluarga. Hal ini sangat membantunya untuk membuat rencana sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Anak Anda juga akan tahu bagaimana cara menggunakan waktunya kapan waktu berlibur dan kapan waktu belajar di sekolah.

Berikan Pujian
Apapun yang ia lakukan jangan lupa memberinya pujian. Hal ini sangat membantu anak Anda untuk lebih semangat. Dan tentu saja mereka akan lebih merasa di hargai dalam setiap usaha yang ia lakukan. Ia akan jauh lebih percaya pada dirinya sendiri untuk melakukan beberapa hal.

Membuat anak mandiri tentunya akan membuat anak Anda lebih percaya pada dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada Anda. Semoga membantu ladies!



(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading