Sukses

Parenting

4 Cara Membantu Anak agar Tidak Stres di Sekolah

Fimela.com, Jakarta Kegiatan belajar dan berbagai tugas sekolah kadang memang bikin stres dan tertekan. Anak pun bisa jadi enggan dan malas ke sekolah karena sudah merasa stres duluan. Jika hal ini terus berlanjut, bisa-bisa anak malah mogok dan tak mau ke sekolah.

Untuk membantu anak agar tidak stres di sekolah, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan. Dengan tetap memahami pentingnya anak untuk belajar dan bersekolah, ada beberapa aspek lainnya yang perlu kita perhatikan juga. Selengkapnya, langsung saja kita ikuti infonya di sini, ya.

1. Beri Anak Waktu untuk Istirahat

Sepulang sekolah, jangan langsung membebani anak dengan setumpuk kegiatan les hingga berbagai acara ekstrakurikuler lainnya. Beri waktu untuk istirahat. Izinkan anak untuk bisa bermain dan melakukan hal yang ia suka juga. Mengajarkan soal disiplin belajar penting, tapi jangan sampai mengabaikan pentingnya istirahat.

2. Atur Waktu Tidur Anak

Salah satu cara mencegah stres pada anak adalah memberikannya waktu tidur yang cukup setiap hari. Sebisa mungkin bantu anak untuk tidur pada jam yang sama setiap hari dan bangun pada jam yang sama pula. Dengan tidur cukup, anak bisa mengisi kembali energi tubuhnya dan lebih rileks. Sehingga saat akan kembali beraktivitas untuk sekolah bisa lebih semangat.

3. Perkenalkan Gejala atau Sinyal Tubuh Stres

Ajarkan dan perkenalkan soal gejala-gejala stres pada anak. Seperti misalnya mual, susah bernapas, atau sulit tidur. Saat anak sudah mengetahui dan mengenal gejala-gejala stres ini, dia akan lebih mudah untuk mencari bantuan untuk mengatasi masalahnya tersebut.

4. Beri Kesempatan Anak untuk Menceritakan Kegiatannya di Sekolah

Apakah di sekolah ada teman yang menjahilinya? Apakah ada guru yang membuatnya tertekan? Ada pelajaran yang sulit untuk dikuasai kah? Beri kesempatan anak untuk bercerita. Kita bisa cukup jadi pendengar yang baik untuknya. Saat anak tahu kita selalu ada untuknya dan siap mendengar ceritanya, anak akan lebih tenang karena dia tahu bahwa selalu ada seseorang yang akan berada di sisinya.

Ada sejumlah alternatif dan cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak agar tidak stres di sekolah. Meski mungkin tak mudah, tapi selalu ada cara yang bisa kita lakukan untuk membantu anak bisa menikmati hari-harinya di sekolah tanpa merasa stres atau tertekan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Optimalkan Tumbuh Kembangnya, 4 Manfaat Bermain untuk Anak
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini