Sukses

Parenting

Si Kecil Kok Gampang Sakit Ya? Lakukan 5 Langkah Ini untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuhnya, Bun!

Fimela.com, Jakarta Situasi masih serba tidak pasti di tengah upaya penanganan Covid-19 yang masih terus dilakukan oleh pemerintah. Meskipun level PPKM sudah diturunkan di banyak daerah seiring dengan penurunan kasus, tapi bukan artinya untuk lengah dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga tercinta. Apalagi kalau melihat si kecil kesayangan yang gampang terserang penyakit seperti batuk, pilek, atau demam.

Melihat tanda-tanda masalah kesehatan tersebut pada si kecil juga? Waktunya mulai waspada dan bantu si kecil tingkatkan daya tahan tubuhnya dengan 5 langkah sederhana ini ya, Bun!

Terus Dorong Anak Terapkan Protokol Kesehatan

Saat daya tahan si kecil menurun, artinya banyak celah kuman dan virus bisa masuk ke dalam tubuh. Jadi, penting untuk para Bunda terus mendorong si kecil menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari rutin mencuci tangan setelah keluar rumah, memegang benda tertentu, dan ketika akan makan, selalu menggunakan masker saat keluar rumah, serta mengedukasi si kecil untuk tetap di rumah saja selama tidak ada hal penting yang harus dilakukan di luar rumah.

Menerapkan protokol kesehatan dengan ketat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga sistem imun tetap dalam keadaan baik dan menghindari serangan penyakit yang bisa merugikan kesehatan si kecil kesayangan.

Mengikuti Program Vaksinasi

Beberapa waktu belakangan ini, pemerintah mulai menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun mengingat usia ini juga rentan mengalami penularan. Tapi, bagaimana dengan si kecil yang belum memenuhi kriteria usia? Jangan panik dulu. Salah satu hal yang bisa dilakukan Bunda adalah dengan tetap mengikuti program vaksinasi lain yang direkomendasikan sesuai usia mereka. Menurut Julia Zumpano, ahli nutrisi dari Cleveland Clinic di Ohio, mengikuti program imunisasi lain yang direkomendasikan oleh dokter anak sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga perlindungan yang mereka dapatkan lebih optimal.

Jadi, penting untuk para Bunda agar terus memantau jadwal imunisasi anak. Jika cemas membawa si kecil ke luar rumah, manfaatkan saja layanan home service atau vaccine drive thru yang kini banyak bermunculan di berbagai daerah.

Berikan Nutrisi yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Selama musim penyakit seperti sekarang ini, penting buat orang tua memperhatikan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem imun si kecil. Selain dengan memberikan asupan vitamin C dan D yang dapat menjadi immune booster, tahukah Bunda kalau ternyata rahasia dari daya tahan tubuh kuat adalah pencernaan yang sehat?

Yup, dilansir dari situs Alodokter, saluran cerna yang sehat adalah cerminan daya tahan tubuh yang baik karena hampir 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat pada jaringan usus. Di dalam usus juga hidup bakteri baik bernama probiotik yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan daya tahan tubuhnya.

Maka dari itu, penting untuk para Bunda memperhatikan asupan nutrisi yang tepat, misalnya saja lewat susu pertumbuhan yang mengandung Probiotik Triple Bifidus, yaitu 3 bakteri baik probiotik dan prebiotik GOS untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan kombinasi Vitamin A, C, dan Zinc.

Ketiga bakteri Triple Bifidus ini masing-masing punya peranan untuk menjaga kesehatan pencernaan si kecil agar daya tahan tubuhnya kuat. Yang pertama adalah bakteri Bifidobacterium infantis M-63 yang membantu penyerapan nutrisi, serta mencegah dan mengurangi gejala alergi. Selanjutnya ada Bifidobacterium longum BB536 yang tidak hanya membantu penyerapan nutrisi saja, tapi juga mencegah infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Terakhir, ada peran Bifidobacterium breve M-16V yang mencegah konstipasi dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lainnya.

Temukan manfaat ini dalam Morinaga Platinum MoriCare Triple Bifidus sebagai nutrisi lengkap yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain memiliki formula Triple Bifidus, ada juga kandungan AA/DHA, alfa laktalbumin, Omega 3 dan 6, kolin serta fosfolipid yang penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan si kecil di masa tumbuh kembangnya, lho.

Perhatikan Waktu Istirahat Si Kecil di Malam Hari

Pandemi mungkin membuat si kecil lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Terkadang, kebiasaan yang berubah ini ikut mempengaruhi kebiasaan lain dalam keseharian mereka, termasuk waktu tidur. Terlalu sering bermain hingga larut malam ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang bikin daya tahan tubuh si kecil menurun lho, Bun.

Dilansir dari situs Pediatric Sleep Council, kurang tidur dapat menurunkan jumlah protein dan hormon di dalam tubuh yang berperan untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, penting untuk para orang tua mulai membiasakan si kecil tidur tepat waktu dan mendapatkan istirahat yang cukup agar sistem imunnya tetap terjaga dengan optimal.

Ajak Anak Olahraga Rutin

Last but not least, jangan lupa ajak si kecil untuk terus aktif menggerakkan tubuhnya ya, Bun! Bukan rahasia lagi bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar lebih kuat.

Menumbuhkan kebiasaan olahraga pada anak-anak memang tantangan, tapi orang tua bisa membuatnya jadi lebih menyenangkan. Misalnya dengan membuat jadwal family time dengan olahraga bersama di pagi hari. Biar lebih menyenangkan, bisa juga dilakukan di halaman rumah sambil berjemur, sehingga si kecil bisa lebih happy. Anak-anak cenderung mengikuti orang tuanya, jadi dengan melakukan kebiasaan ini bersama-sama, si kecil pun akan melakukannya dengan suka cita dan tanpa terpaksa.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya di tengah momen pandemi. Yuk, praktikkan sendiri bersama si kecil di rumah, Bun!

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Manis Abal-Abal, Sirup Indofood Freis Mengandung Madu yang Nikmat dan Kaya Manfaat bagi Tubuh
Artikel Selanjutnya
Berbekal Sirup Bisa Menjaga Kekebalan Tubuh? Cuma Sirup Indofood Freiss yang Bisa!