Sukses

Relationship

5 Tips Menyelenggarakan Pernikahan yang Ramah Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Rata-rata pernikahan menghasilkan ratusan pon limbah dan berton-ton emisi CO2. Meskipun embel-embel minimal dapat menghilangkan limbah, pernikahan tradisional masih dapat mengurangi dampak lingkungan. Jika Sahabat Fimela ingin membuat pernikahan ramah lingkungan, fimela menyediakan tipsnya di bawah ini.

1. Venue yang Ramah Lingkungan

Untuk mengurangi emisi CO2, prioritaskan memilih venue acara yang intim dan batasi jumlah tamu. Jika menyelenggarakan acara yang jauh, pertimbangkan apakah tempat tersebut memiliki opsi daur ulang dan pengomposan. Jika tidak, bermitralah dengan perusahaan lokal yang menyediakan layanan daur ulang dan pengomposan yang tepat. Carilah venue dengan dekorasi yang dapat digunakan kembali, karena hal ini dapat menghemat biaya akomodasimu. Selain itu, coba untuk bermitra dengan perusahaan lokal untuk pembuangan limbah yang tepat setelah acara.

2. Dekorasi Berbahan Alami

Untuk mengurangi limbah, kamu bisa mencari penjual bunga yang menyediakan bunga asli untuk dekorasi pernikahanmu. Jaga agar dekorasimu tetap minimal dengan berbelanja di pasar lokal dengan harga terjangkau. Hindari dekorasi berbahan plastik dan ganti dengan yang mudah dicuci. Gunakan lilin berbahan beeswax karena lebih tahan lama dibanding yang berbahan kimia. Dengan melakukan tips ini, kamu dapat mendukung petani lokal dan mengurangi emisi dari pengiriman bunga ke luar negeri.

3. Gunakan Vendor yang Suka untuk Mendaur Ulang

Lebih baik mencari gaun, cincin, dan setelan pernikahan yang ramah lingkungan untuk mendukung bisnis lokal dan mengurangi jejak karbon. Kamu dapat membeli cincin dan tuksedo pernikahan yang dibuat secara alami dari vendor yang menyediakan kemasan yang dapat digunakan kembali. Kamu juga bisa berinvestasi pada produk kecantikan yang mendukung lingkungan seperti tisu rias dan bulu mata plastik yang tidak dapat didaur ulang.

4. Peralatan yang Bisa Digunakan Kembali

Pilihlah barang yang dapat didaur ulang atau digunakan kembali, seperti gelas minuman sebagai souenir pesta. Pilihlah kertas yang ramah lingkungan seperti kertas daur ulang, bambu, atau kertas berserati, dan pastikan para tamu mengetahui bahwa undangan mereka dapat didaur ulang atau digunakan kembali. Undangan elektronik juga dapat membantu mengelola daftar tamu dan mengurangi limbah kertas. Jika tidak, pastikan para tamu mengetahui bahwa undangan mereka dapat didaur ulang atau digunakan kembali untuk membuat acara lebih ramah lingkungan.

5. Pakai Vendor Lokal untuk Hidangan

Dukung para petani lokal dengan memilih makanan yang berasal dari sumber lokal untuk makan malam resepsimu. Kamu bisa gunakan ukuran kue yang medium agar tidak bersisa. Sediakan air isi ulang bagi para tamu, dan jadikan tumbler sebagai souvenir yang dapat digunakan kembali. Jika makanan bersisa, sumbangkan untuk menghindari pemesanan katering yang berlebihan dan pastikan venue dan tim vendor tahu bahwa kamu ingin menyumbangkan makanan tersebut alih-alih membuangnya.

Dengan beberapa tips itulah, Sahabat Fimela bisa mencoba untuk membuat pernikahan tetap berkesan dengan megurangi sampah plastik dan menerapkan zero-waste. 

Ingin merencanakan pernikahan yang memorable? Spark Event adalah jawabannya! Kunjungi situs web kami di event.fimela.com atau hubungi kami melalui email di sparkevent.id@gmail.com untuk detail lebih lanjut. Spark Event will make your dreams come true!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading