Sukses

Beauty

Ritual Kecantikan Ini Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu, Pernah Coba?

Fimela.com, Jakarta Semakin kemari, ritual dan produk kecantikan bagi para perempuan semakin banyak ragamnya. Mau yang berbasis alat dengan teknologi canggih atau yang berbahan alami, semua ada. Tinggal pilih sesuka hati.

Keragaman produk dan ritual kecantikan itu mungkin memunculkan kekaguman pada diri kita, betapa kemajuan zaman bisa membawa banyak hal. Padahal dalam hal ritual dan atau produk perawatan kecantikan, tidak semua lahir dari kemajuan zaman, lho.

Faktanya, ritual dan bahan-bahan kecantikan yang kita pakai dan beredar sekarang ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Adanya improvement sesuai kondisi sekarang, mungkin iya. Tapi dasar dari ritual dan bahan perawatan kecantikan itu bukan sesuatu hal yang baru.

Dilansir dari HerBeauty, di bawah ini adalah contoh ritual dan bahan perawatan kecantikan yang sudah dipakai sejak zaman dahulu dan perempuan "kuno" mana saja yang menggunakannya.

Spa

Cleopatra merupakan salah satu perempuan tercantik di dunia, tak aneh kalau dia memiliki ritual khusus untuk merawat kecantikannya. Sejarah mencatat Cleopatra memiliki kulit yang sempurna berkat ramuan khusus yang ia gunakan saat berendam, yakni minyak zaitun, susu, dan madu.

 

2 dari 3 halaman

Waxing

Bukan perempuan modern saja yang suka waxing demi menunjang penampilan. Faktanya, para perempuan mesir zaman dahulu sudah melakukannya. Mereka mengoleskan gula yang dicairkan di bagian tubuh seperti tangan dan kaki untuk membuatnya halus. Tentu saja, cara ini tidak lebih menyakitkan dibanding cara waxing termutakhir yang digunakan sekarang.

Mewarnai rambut

Sebelum ada berbagai varian metode pewarnaan rambut seperti sekarang ini, perempuan kuno pun senang mengubah warna rambutnya. Tapi, bukan pewarna dengan beragam bahan kimia yang digunakannya, melainkan henna. Henna ini lebih natural dan tidak merusak rambut. Sebaliknya, malah bisa memperkuat dan melembapkan kulit kepala.

Handcream

Memiliki tangan yang cantik adalah salah satu concern perempuan, termasuk bagi Marie Antoinette, ratu Prancis terdahulu. Untuk mendapatkannya, ia menggunakan sarung tangan khusus yang telah dibasahi oleh rose water dan almond oil. Sekarang, sih, kita tidak perlu menerapkannya lewat sarung tangan. Tapi rose water dan almond oil adalah bahan handcream yang patut dicoba untuk membuat kulit tanganmu secantik Marie Antoinette.

3 dari 3 halaman

Clay mask

Tanah liat sudah dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari sejak zaman dahulu kala, termasuk untuk hal kecantikan. Ada berbagai jenis tanah liat; putih, biru, hijau, masing-masing jenis memiliki sifat sendiri namun semuanya mampu mencerahkan kulit dan menyembuhkan jerawat. Tanah liat juga mampu mendetoksifikasi racun dari dalam kulit. Hal ini telah dibuktikan oleh para perempuan kuno, lho!

Pearl powder

Pearl powder sudah digunakan untuk bahan kecantikan sejak zaman Dinasti Ming di Cina. Pearl powder mampu melembapkan, namun kolagen yang terdapat di dalamnya juga dapat menjaga kulit tetap awet muda.

Moisturizer alpukat

Perempuan di suku Aztec kuno telah menggunakan alpukat sebagai pelembap wajahnya. Well, selain melembapkan alpukat memang memiliki banyak khasiat untuk kulit antara lain mengurangi pori-pori juga mencerahkan.

Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Membuat Tampilan Rambut Bergelombang Terlihat Lebih Alami
Artikel Selanjutnya
Fakta tentang botox dan filler yang belum diketahui