Sukses

Beauty

Tips Membantu Remaja Mengatasi Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Masa remaja dikenal sebagai masa yang sulit, tidak hanya secara emosional, namun juga fisik, karena kamu akan mengalami banyak perubahan, termasuk berkenalan dengan jerawat. Banyak anak remaja yang dibiarkan bingung, stres, dan frustasi menghadapi perubahan yang terjadi pada diri mereka.

Ketika kimia dan produksi kelenjar minyak di dalam tubuh berubah, rata-rata anak remaja akan mulai memiliki masalah kulit berjerawat. Jerawat biasanya akan mulai muncul pada masa pubertas atau remaja ketika tubuh meningkatkan produksi hormon androgen.

Hormon androgen ini merangsang produksi zat berminyak yang disebut sebum, yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit mati, dan rambut di celah kulit atau folikel rambut. Penumpukan inilah yang akhirnya menyebabkan tekanan, yang bisa pecah, dan menyebabkan peradangan kulit, serta munculnya jerawat, seperti dilansir dari sheknows.com, Kamis (26/12/2019).

 

Tips membantu anak remaja mengatasi masalah jerawat

Jika kamu memiliki anak yang sedang beranjak dewasa, ajarkan mereka tentang perawatan kulit dasar di rumah. Komunikasikan kepada anak tentang pentingnya kebersihan kulit, baik dengan demonstrasi, berbelanja produk bersama, meninggalkan informasi, atau memberi mereka langsung produk yang sekiranya dibutuhkan.

Jika memungkinkan, berkonsultasi dengan dokter kulit sedini mungkin juga dapat membantumu dan anak memahami masalah kulit yang sedang terjadi. Interaksi dan hubungan yang baik dengan dokter kulit juga dapat menawarkan informasi yang lebih jelas, karena bagaimana pun kamu adalah orangtua, bukan profesional.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu mengingatkan anak tentang nilai diri mereka di luar penampilan. Anak remaja paling membutuhkan dukungan emosional dari orangtua mereka.

Jika anak remaja mulai tertarik menggunakan makeup, carilah produk yang ramah terhadap segala jenis kulit. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading