Sukses

Beauty

Generasi Y dan Z Lebih Percaya Beauty Influencer untuk Memilih Produk Makeup dan Skincare

Fimela.com, Jakarta Semakin majunya teknologi, semakin memudahkan kita untuk mencari informasi. Seperti saat ini, ketika ingin membeli makeup atau skincare tak jarang para perempuan melihat riview produk tersebut. 

Ntah riview dari media, beauty influencer atau blogger. Nah fakta ini pun menjadi salah satu hasil survei dari merek perawatan dan kecantikan, ZAP Clinic. 

Zap Beauty Index 2020, survei yang dilakukan oleh ZAP Clinic bersama MarkPlus Inc., ini menggunakan metode online survey kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019. Survei ini mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).

Dari survei tersebut terungkap, dalam mencari informasi dan memperbanyak referensi tentang makeup atau skincare, perempuan Indonesia memilih Instagram (77,2%), Youtube (55,9%), dan Beauty Blogger (42,3%) sebagai sumber referensi utama. Sedangkan Gen X cenderung mengombinasikan informasi online dan offline, seperti melalui Instagram (53,2%) dan teman-teman (38,4%). 

”Bahkan mereka lebih percaya dengan beauty  influencer, dibandingkan para ahli kecantikan seperti dokter kecantikan,” ujar Yosanova Savitry selaku Chief Operation, MarkPlus Institute, saat ditemui di Jakara

Lebih bijak

Walau begitu, generasi muda ini lebih bijak dalam memilih skincare atau makeup yang digunakan.

 “Generasi muda lebih bijak, karena banyak referensinya. Walaupun banyak influencer beauty yang ikutin tapi sudah paham apakah produk tersebut cocok atau tidak dengannya,” tambahnya. 

Survei tersebut juga mengungkapkan, hampir seluruh perempuan Indonesia (45,4%) menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun. Dan, satu dari empat perempuan Indonesia melakukan treatment di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun.

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Perawatan Kecantikan yang Patut Dicoba Saat Memasuki Usia 30 tahun
Artikel Selanjutnya
Tutorial Makeup Kilat dengan Menggunakan Masker Bawah Mata