Sukses

Beauty

Langkah-langkah Meracik Tanaman Obat 1 – Pelemasan

Moms, apakah Anda pernah meracik obat sendiri? Jika Anda tidak punya banyak waktu, mungkin Anda membeli produk jadi dari apotek dalam bentuk kering dan siap pakai. Tapi, apakah Anda tahu cara membuatnya? Jika belum, mari pelajari di sini.

Menurut ehow.com, meracik tanaman obat menjadi racikan butuh proses yang cukup panjang, namun akan membuahkan hasil yang memuaskan. Langkah awal adalah pelemasan tanaman yang akan digunakan, yang akan dibahas di laman, ini, sedangkan untuk proses ekstraksi dan penyimpanan, akan disampaikan di laman yang berbeda.

Nah Moms, perlu diketahui bahwa meracik di sini adalah membuat tanaman yang awalnya segar menjadi kering sehingga bisa dijadikan ekstrak tanaman. Selain itu, tujuan racikan tanaman ini adalah untuk membuat kandungan di dalamnya menjadi seimbang dan awet. Oleh karena itu, dari proses awal hingga akhir bisa diterapkan pada berbagai tanaman.

Proses awalnya adalah pelemasan yang diawali dengan menghaluskan atau mencincang, yang bisa dilakukan ketika kondisi tanaman masih segar atau sudah kering/dijemur. Anda bisa mencincangnya menggunakan gilingan bumbu, gilingan kopi, blender, atau dengan perangkat membuat sambal seperti ulek.

Yang perlu untuk selalu diingat saat menghaluskan atau mencincang tanaman adalah bahwa semakin tipis cincangannya, semakin baik, karena menunjukkan bahwa kandungannya akan semakin terbuka sehingga akan efektif saat diekstraksi.

Nah, jika proses awal sudah selesai, kini Anda siap untuk proses ekstraksi di Langkah-langkah Meracik Tanaman Obat 2 – Ekstraksi.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading