Sukses

Beauty

5 Penyebab Bulu Alis Rontok Akibat Kondisi Tubuh yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu fitur wajah yang sangat menunjang penampilan perempuan adalah alis mata. Biasanya banyak perempuan menginnginkan bentuk alis yang indah dan bulu alisnya juga lebat sehingga terlihat membingkai wajah dengan sempurna. 

Berbagai cara pun dilakukan untuk menumbuhkan bulu alis, mulai dari menggunakan serum dan beberapa bahan alami sampai menyulam alis. Semua itu dilakukan demi mendapatkan bentuk alis impian. Sebab, alis yang tebal secara alami dinilai sebagai salah satu tren atau ukuran kecantikan. 

Sayangnya, tanpa kita sadari, bulu alis mata bisa rontok, loh. Jika rontoknya hanya satu atau dua helai mungkin tidak membuatmu khawatir. Namun jika bulunya terus rontok secara terus menerus hingga membuat alis terlihat tipis mungkin akan membuatmu gelisah. 

Tidak perlu panik, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab bulu alis rontok akibat kondisi tubuh yang jarang diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Faktor Penuaan Alami

Penyebab pertama bulu alis mata rontok adalah karena faktor usia. Semakin tua seseorang, perubahan pada kondisi tubuh semakin jelas terasa.

Salah satu bentuk perubahannya adalah alis mata yang semakin menipis akibat rontok disertai berhentinya hormon memproduksi rambut. Jika penyebabnya adalah karena usia, maka ini merupakan proses alami tubuh seseorang. 

2. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon pada tubuh yang tidak seimbang juga dapat membuat bulu alis rontok. Hormon tiroid yang tidak seimbang karena terlalu banyak atau sedikit di dalam tubuh dapat memicu kerontokan alis. Namun, kerontokan disebabkan masalah hormon ini biasanya terjadi sementara serta bisa kembali tumbuh dan tampil menjadi seperti biasa.

Untuk mengatasinya, kamu bsia berkonsultasi bersama dokter agar diberi resep pengobatan untuk menyeimbangkan jumlah tiroid.

3. Faktor Imun Tubuh

Selanjutnya, penyebab bulu alis mata rontok yang ketiga adalah karena faktr kerja imun. Sistem imun dapat melakukan kesalahan dengan menyerang sel tubuh kita sendiri.

Akibatnya, sel tubuh yang terhantam justru sel yang sehat, dan akhirnya memengaruhi pertumbuhan rambut sehingga terjadi kerontokan. Tak terkecuali alis mata yang justru lebih tipis dari pada rambut kepala.

4. Efek Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kerontokan pada bulu alis mata. Hal ini dapat terjadi karena beberapa obat memiliki efek samping pada tubuh. Salah satu dampak yang bisa terjadi adalah rontoknya alis mata.

Beberapa pengobatan yang menyebabkan kerontokan adalah obat acitretin yaitu obat untuk merawat kulit, chemotherapy sebagai tindakan untuk penyakit kanker, dan obat yang dikonsumsi oleh pengidap bipolar.

5. Penurunan Kadar Nutrisi Tubuh

Terakhir, bulu alis mata yang rontok juga sebenarnya menandakan kadar nutrisi yang rendah pada tubuh. Perlu diingat, segala hal yang kita makan akan memengaruhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, termasuk untuk kulit dan rambut serta alis mata.

Untuk itu, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi. Kamu bisa mendapatkan gizi dan nutrisi dari ikan dan kacang-kacangan. 

Dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa memenuhi zat biotin yang cukup dikenal sebagai suplemen penumbuh rambut dan zat zinc sebagai zat yang membantu pertumbuhan kembali rambut setelah mengalami kerontokan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading