Sukses

Beauty

Penting, Begini Tips Memilih Sunscreen yang Efektif untuk Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, kondisi cuaca panas dan suhu ekstrim saat ini mengharuskan kita untuk melakukan antisipasi. Semakin meningkatnya paparan sinar UV membuat penggunaan sunscreen menjadi keharusan dalam rutinitas sehari-hari.

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Paparan sinar UV secara langsung dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan kesehatan. Paparan berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit, mempercepat penuaan kulit dengan menyebabkan kerutan dan kehilangan elastisitas, serta dapat menyebabkan luka bakar mata. Maka dari itu, rajin-rajin lah menggunakan sunscreen, ya, apalagi jika Sahabat Fimela sering beraktivitas di luar ruangan.

Dilansir dari The New York Times, aplikasikan sunscreen pada kulit setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum keluar rumah. Hal ini karena sunscreen memerlukan waktu untuk meresap agar efektif bekerja. Aturan ini berlaku pada semua jenis sunscreen, seperti chemical sunscreen, mineral sunscreen, atau sunscreen dengan combination formula. Sahabat Fimela juga perlu mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 4 jam sekali.

Jika Sahabat Fimela baru mulai untuk memakai sunscreen, berikut adalah tips memlih sunscreen yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Setelah membaca informasi berikut, jangan lupa untuk selalu rutin menggunakan sunscreen, ya!

Pahami apa itu SPF dan bagaimana SPF yang bagus untuk melindungi kulitmu

Berbicara tentang sunscreen, pastinya tidak asing lagi jika mendengar kata SPF. Sun Protection Factor (SPF) adalah salah satu kandungan utama sunscreen yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Biasanya penulisan SPF pada kemasan sunscreen diikuti dengan angka. Nah, angka yang tertulis itu merupakan kode yangmenandakan seberapa besar perlindungan yang diberikan oleh sunscreen yang Sahabat Fimela gunakan.

Semakin tinggi angka SPF yang tertulis pada kemasan, maka semakin tinggi juga proteksi yang diberikan sunscreen terhadap kulit. Semakin tinggi SPF yang dimiliki, maka teksturnya pun akan semakin kental dan pekat. Disarankan untuk menggunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Amaterasun, sebagai brand specialist SPF menghadirkan sunscreen yang telah lulus uji In Vivo, yang menyatakan bahwa Amaterasun terbukti #RealSPF memiliki kandungan SPF 50+ untuk sunscreen wajah, dan SPF 40 untuk body sunscreen.

Sunscreen yang Efektif Punya Kandungan Protection Grade of UVA (PA)

Selain SPF, sunscreen yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV juga harus mengandung Protection Grade of UVA atau biasa disebut PA. PA memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang bisa menyebabkan munculnya penuaan dini, seperti munculnya garis halus ataupun kerutan pada wajah, perubahan warna kulit, hingga berkurangnya elastisitas dan tingkat hidrasi kulit wajah.

Artinya, penggunaan sunscreen bukan hanya untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari saja, tetapi juga dapat diandalkan sebagai tahapan skincare yang bisa merawat kulit kita dalam jangka panjang. Produk Amaterasun punya kandungan PA++ hingga PA++++ yang memberikan perlindungan UVA moderat secara maksimal bagi kulit wajah ataupun badan kita.

Pilihlah kandungan lain yang mampu memberikan proteksi tambahan

Selain dua kandungan yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan juga sunscreen mengandung kandungan lain yang mampu memberikan proteksi tambahan bagi kulitmu dari paparan sinar UV. Salah satunya adalah Intelligent DNA Guardian Technology yang ada pada sunscreen Amaterasun.

Intelligent DNA Guardian Technology mengandung Ethyl Ferulate dan Carnosic Acid yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan DNA akibat paparan sinar UV dan blue light. Selain itu, Intelligent DNA Guardian Technology juga memiliki fungsi dalam memperkuat skin barrier dan meningkatkan hidrasi kulit juga. 

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih sunscreen yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Setelah ini, jangan sampai salah pilih sunscreen, ya Sahabat Fimela!

 

Penulis: Denisa Aulia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading