Sukses

Entertainment

Catatan Kehidupan Yana Zein

Fimela.com, Jakarta Nama Yana Zein cukup dikenal di kalangan pesinetron Indonesia. Banyak memerankan tokoh antagonis, wajah aktris yang satu ini dengan cepat akrab di wajah pemirsa televisi. Memang, walau banyak memerankan tokoh jahat, wajah cantiknya cukup banyak dikagumi publik.

Yana Zein sendiri memulai karirnya di dunia entertainment sejak tahun 1987, saat dia membintangi film Cintaku di Rumah Susun. Dia kemudian beralih ke dunia sinetron pada tahun 1999, lewat sinetron Di Antara Dua Pilihan.

Setelahnya, nama Yana Zein rupanya lebih banyak dikenal di dunia sinetron. Salah satu sinetron yang cukup mempopulerkan namanya adalah Tersanjung (2001-2003). Yang terbaru, dia juga sempat muncul di sinetron Cinta di Langit Taj Mahal (2015).

Kehidupan Yana Zein sendiri memang tidak bisa dikatakan mudah. Walau cukup dikenal sebagai bintang sinetron, namun dia juga masih harus berkutat dengan fakta kehidupan yang tidak menyenangkan.

Yana Zein

Yana Zein ditinggal pergi oleh suaminya pada tahun 2016, akibat penyakit Parkinson yang telah dideritanya. Akibatnya dia harus bertahan hidup membiayai kedua putrinya. Hingga akhirnya dia diberitakan menderita kanker payudara stadium 4.

Sepanjang hidupnya, banyak hal pilu yang mewarnai perjalanannya. Hingga akhirnya dia berpulang dengan tenang setelah berjuang melawan penyakitnya. Bagaimana kisah perjalanan Yana Zein? Berikut gambaran besarnya!

Kehidupan Pribadi

Selain dikenal dari karir, Yana Zein juga memiliki cerita cinta yang cukup menarik untuk dibahas. Dia pernah menikah dengan Fahmi Darmawansyah pada tahun 1993. Sayangnya, pernikahan mereka kandas.

Pernikahan Fahmi dan Yana Zein tidak dikaruniai anak. Setelah bercerai, Fahmi kemudian menikah lagi dengan Inneke Koesherawati, sedangkan Yana pun juga menikah lagi. Baru pada pernikahan kedua inilah Yana Zein dikaruniai dua orang anak.

Sempat merasakan kebahagiaan, namun cobaan datang menghantam kehidupan Yana. Sang suami divonis menderita Parkinson sehingga tak lagi bisa melakukan aktivitas apapun. Secara otomatis, beban sebagai tulang punggung keluarga pun harus berpindah ke Yana Zein.

Dalam kondisi suaminya yang sakit, Yana pun ternyata juga divonis mengidap kanker payudara. Beban hidup pun semakin berat di pundaknya. Hingga akhirnya, sang suami meninggal dunia pada Juli 2016, setelah lima tahun berjuang melawan Parkinson.

Yana menghembuskan napas terakhir pada hari Kamis (1/6/2017) pukul 01.05 WIB di RS Mayapada. Sebelumnya, mendiang Yana sempat koma lantaran mengalami sesak napas. (doc.pribadi)

Kepergian sang suami semakin menambah drop kondisi Yana Zein. Dia semakin kehilangan semangat, sementara penyakit yang dideritanya juga semakin parah. Pengobatan penyakit kanker pun juga menguras habis hartanya sehingga membuat anak-anaknya putus sekolah.

Kanker Payudara

Awalnya memang tidak banyak orang yang mengetahui perihal penyakit yang diderita Yana Zein. Semua terungkap saat Nafa Urbach memberitahukan pada publik perihal kondisi terkini sang aktris. Banyak pihak yang terkejut mengetahui kondisi Yana.

Setelahnya, berbagai fakta miris pun akhirnya terungkap, mulai dari kondisi keuangan Yana Zein yang memprihatinkan, hingga penyakitnya yang sudah masuk di stadium 4. Semangat yang sudah drop pun semakin membuat kondisi Yana tampak menyedihkan.

Kondisi tersebut membuat banyak orang simpati dan memberikan bantuan untuk Yana Zein. Akhirnya, berkat kemurahan Tuhan, Yana pun punya kesempatan untuk melakukan pengobatan ke Cina. Dia pun berangkat ke negeri tersebut pada Januari 2017 lalu.

Selama menjalani pengobatan, masyarakat Indonesia selalu menerima update yang baik dari pihak Yana Zein. Hingga pada akhir Mei lalu, dia pun kembali pulang ke Indonesia dengan kondisi sehat. Dia pun menunjukkan aura yang lebih berseri sejak pertama kali tiba di bandara.

Jalani Terapi Radiasi Kanker Payudara, Kulit Yana Zein Melepuh

Kesembuhan Yana Zein pastinya memberikan harapan yang luar biasa bagi para penderita kanker lain di Indonesia. Pulihnya Yana Zein membuat banyak orang kembali percaya bahwa harapan untuk sembuh dari kanker masih ada.

Meninggal Dunia

Sempat disambut dengan kegembiraan, nyatanya hal tak terduga kembali terjadi pada Yana Zein. Sehari setelah tiba di Indonesia, kondisi Yana kembali dikabarkan drop. Dia pun dilarikan ke rumah sakit Mayapada untuk menjalani perawatan intensif.

Kondisi Yana Zein yang mengkhawatirkan pada akhirnya mendapat respon dari pihak keluarga. Meredam kabar miring tentang Yana, keluarga menjelaskan bahwa dia hanya sedang menjalani cek darah. Kabar baik pun masih terus digulirkan tentang kesehatan Yana Zein.

Pada Rabu (31/5/2017) malam, beredar kabar bahwa Yana Zein meninggal dunia. Namun tak lama kemudian, pihak keluarga memberikan konfirmasi bahwa itu adalah kabar hoax. Yana hanya sedang dirawat di ICU. Keluarga pun menjanjikan press conference esok harinya.

Pada akhirnya, kabar duka itu akhirnya benar-benar datang. Keluarga akhirnya memberikan konfirmasi bahwa Yana Zein telah meninggal dunia pada Kamis (1/6/2017) dini hari. Setelah semua perjuangan itu, akhirnya kini dia harus menyerah kalah pada penyakit kanker.

Sebelum jenazah Yana dibawa ke rumah duka RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Rilla menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan sang ibu selama hidupnya. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

Keluarga Yana Zein pun sempat mengalami kesulitan biaya untuk prosesi pemakaman. Namun tak lama setelahnya, akhirnya diputuskan bahwa dia dimakamkan di TPU Kampung Kandang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading