Sukses

Fashion

Rekomendasi Model Baju Muslim Wanita Terbaru 2024, Tampil Cantik dan Anggun saat Ramadan dan Lebaran

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan, sebagai seorang muslim, tentunya Anda sedang sibuk mempersiapkan segala kebutuhan. Tidak hanya kebutuhan makanan, tetapi juga kebutuhan pakaian untuk Ramadan atau Idul Fitri. 

Seiring dengan perkembangan zaman, model baju muslimah lambat laun juga mengikuti tren yang ada. Hal ini karena dengan mengenakan model baju muslim terbaru, para muslimah terlihat semakin cantik dan anggun. Meskipun berhijab, para muslimah bisa tetap tampil stylish saat Ramadan dan Hari Raya.

Ada berbagai model baju muslim terbaru yang bisa Anda jadikan referensi. Mulai dari gamis, tunik, kaftan, hingga abaya. Semua model baju muslim terbaru tersebut dapat digunakan untuk acara formal maupun non formal.

Simak beberapa rekomendasi baju muslim wanita terbaru 2024 untuk tampil cantik dan anggun saat Ramadan dan lebaran, yang telah dirangkum Rabu (20/03/2024).

Busana Muslim dengan Aksen Patch

Percantik penampilan pada bulan Ramadhan dengan memilih pakaian muslim yang elegan dan bergaya. Pilihan yang tepat adalah atasan organza yang memiliki detail emblem atau patch timbul yang memberikan efek 3D. 

Padukan dengan hijab voal berwarna putih untuk tampilan yang mudah dan sederhana. Pakaian muslim ini cocok untuk acara silaturahmi dengan tema pesta taman atau buka puasa bersama keluarga.

Kaftan Warna Pastel untuk Kesan Feminim

Model kaftan dengan detail serut menambah kesan lebih elegan pada keseluruhan busana muslim. Untuk pemakai hijab, kaftan berlengan pendek bisa disiasati dengan mengenakan kemeja putih sebagai dalaman. 

Pilih kaftan dengan bahan viscose supaya pemakaiannya lebih jatuh di badan. Dan padukan dengan menambahkan clutch berdetail embellish dan high heels warna putih untuk memaksimalkan gaya yang feminim.

Outer Panjang Bermotif dengan Celana Flare

Saat Ramadhan tiba, gaya casual yang elegan dapat disiasati dengan menggabungkan outer panjang bermotif dan celana flare. Motif geometris atau bunga pada outer pun masih diminati sejak beberapa tahun lalu. Pilihan terbaik adalah outer dengan model kancing yang mirip tunik, yang dapat dipakai sebagai outer atau dress panjang.

Penggunaan celana flare atau kulot sangat cocok dengan busana muslim. Potongan celana yang lebar memberikan penutup yang cukup untuk bagian belakang, memudahkan pergerakan bagi pemakai hijab. Kombinasi outer bermotif dan celana flare ini juga cocok bagi non-hijabers karena gaya yang cenderung modest.

Baju Muslim Brokat dengan Aksen See-through

Pada lebaran tahun ini, cobalah mengenakan gaun brokat yang dihiasi dengan bordir dan batu-batuan. Untuk menghindari transparansi, memilih blus satin sebagai bagian dalam gaun yang tanpa lengan.

Terdapat beberapa merek lokal yang menyediakan setelan baju muslim lengkap sehingga tidak perlu repot menyusun bagian dalam atau bawahannya secara terpisah. Umumnya, pakaian muslim dengan kain yang cenderung tembus pandang sudah satu paket dengan dalaman berwarna serasi.

Baju Gamis dengan Cuttingan Mermaid yang Anggun

Model baju muslim terkini yang sedang populer saat bulan puasa adalah gamis dengan desain mirip ekor ikan duyung. Kombinasi berbagai jenis kain seperti brokat, satin, dan organza memberikan sentuhan eksklusif pada busana ini.

Sentuhan detail lonceng pada bagian lengan juga memberikan kesan yang manis pada busana muslim ini. Pilihan warna yang netral seperti nuansa tanah atau pastel akan membuat penampilanmu lebih menarik saat Ramadhan atau Hari Raya tiba. Tidak hanya itu, model gamis yang modern ini juga cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara kondangan.

Abaya Monokrom yang Minimalis

Pilihan tepat bagi mereka yang mengenakan hijab syar'i adalah abaya yang menyerupai gamis namun memiliki potongan longgar yang tidak memperlihatkan bentuk tubuh. Pilihlah abaya dengan warna hitam atau putih, yang memiliki motif bohemian atau geometris yang sedang populer dalam tren fashion muslim saat ini.

Padukan abaya dengan hijab syar'i atau hijab instan yang menutupi setengah tubuh. Atau dapat juga menggunakan hijab polos dengan warna hitam yang serasi dengan abaya yang dipilih.

Tunik Model Baby Doll yang Nyaman

Ada beragam model tunik yang tersedia, tidak hanya kemeja panjang. Salah satunya adalah tunik dengan model baby doll yang menggemaskan. Dengan warna earthy tone, tunik ini memberikan kesan minimalis yang cocok untuk menyegarkan suasana Ramadhan.

Selain itu, tunik polos dengan bordiran unik di area dada juga menjadi pilihan untuk melengkapi busana muslim. Untuk penampilan yang lebih stylish dan leluasa, tunik dapat dipadukan dengan rok berpotongan A-line.

Baju Muslim Wanita Namanya Apa?

Gamis bermula dari bahasa arab yang disebut Qhamis atau berarti pakaian. Di Indonesia biasa disebut Gamis yakni baju panjang dan longgar. Pakaian ini digunakan oleh muslim dan muslimah yang di beberapa daerah disebut jubah.

Pakaian Muslim Apa Saja?

Gamis: Dress panjang dan longgar dengan lekukan di pinggang. 

Kaftan: Bentuk T yang khas dengan bagian lengan nan lebar. 

Abaya: Sederhana dan tidak menampakkan siluet tubuh. 

Tunik: Pakaian longgar dengan panjang hingga paha atau betis.

Apa Perbedaan Gamis dan Midi?

Untuk long dress sendiri seringnya dipakai oleh wanita berhijab yang kadang para muslimah menyebutnya dengan istilah gamis. Jika long dress biasanya terjulur sampai mata kaki atau lebih dari itu, midi dress memiliki panjang sampai betis dan mini dress memiliki ukuran di atas lutut.

Gamis Pakai Kain Apa?

Jenis kain untuk gamis yang banyak digunakan adalah katun. Kain ini memiliki serat alam berupa tanaman kapas, sehingga halus dan mudah menyerap keringat. Tak hanya gamis, kain katun juga banyak digunakan untuk jenis pakaian lain karena cocok digunakan beriklim tropis, seperti Indonesia.

Abaya Seperti Apa?

Abaya atau aba merupakan pakaian berbentuk mirip gaun panjang yang biasa dikenakan oleh perempuan Muslim di berbagai belahan dunia, terutama di Timur Tengah dan Arab, sehingga sering disebut sebagai “gamis Arab” di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading