Sukses

Fashion

Menawarkan Tingkat Presisi Luar Biasa, OMEGA Memperkenalkan Jam Tangan Laboratoire de Précision

Fimela.com, Jakarta Selama lebih dari 50 tahun, tujuan utama setiap mesin jam mekanis di Swiss setelah selesai dirakit adalah Contrôle Officiel Suisse Des Chronomètres (COSC) yang memberikan gelar resmi “kronometer bersertifikat”. Kini Laboratoire de Précision secara resmi diberikan wewenang untuk melakukan pengujian alternatif dan independen.

Dalam dunia jam tangan terdapat istilah yang sering disebut-sebut, yaitu chronograph dan chronometer. Bagi awam, mungkin perbedaan keduanya masih belum dipahami dengan baik. Istilahnya yang mirip menyebabkan kebingungan yang biasa terjadi di kalangan masyarakat umum, berbeda halnya dengan para kolektor jam tangan. Laboratoire de Précision memberikan pengujian kronometrik yang mendalam. Sebelum itu, mari cari tahu perbedaan antara chronograph dan chronometer.

Chronograph dan chronometer, apakah berbeda?

Chronograph adalah fitur tambahan yang umum ada di jam tangan. Jam tangan yang memiliki tombol untuk mulai, berhenti, dan reset time tracker, serta membaca waktu yang telah lalu. Dengan jam tangan chronograph, seseorang dimungkinkan untuk menghitung dua interval waktu yang dimulai pada saat yang sama. Salah satu contohnya adalah ketika seluruh peserta lomba lari mulai di waktu yang sama, maka seseorang dengan jam tangan chronograph dapat menghentikan salah satu jarum pada putaran pertama, lalu putaran kedua.

Sementara itu, chronometer adalah sebuah istilah yang digunakan untuk jam tangan dengan presisi yang sangat tinggi, bukan fitur tambahan seperti chronograph. Jam tangan chronometer harus melalui serangkaian tes untuk mendapatkan gelar resmi. Hanya jam-jam yang telah melalui tes  Contrôle Officiel Suisse Des Chronomètres (COSC) yang berhak melabeli produknya dengan kata chronometer. Kini, OMEGA memperkenalkan pusat pengujian kronometrik yang telah diberi kewenangan tersendiri.

OMEGA perkenalkan Laboratoire de Précision

Menawarkan tingkat presisi baru yang luar biasa, OMEGA menciptakan Laboratoire de Précision. OMEGA terus mendedikasikan diri untuk meningkatkan standar pembuatan jam tangan. Walaupun dioperasikan oleh OMEGA, Laboratoire de Précision tetap berdiri secara independen dan netral dengan memberikan peluang pengujian kronometrik yang sama untuk semua merek dan produsen mesin jam.

Laboratoire de Précision telah mengembangkan teknologi internal yang fleksibel yang memungkinkan pengukuran presisi tinggi tanpa gangguan, seperti posisi atau suhu yang bervariasi. Dalam labotarium baru ini, setiap detik kaliber diukur dan dinilai dengan akurasi pengukuran sepuluh kali lebih tinggi dari standar industri. 

The Laboratoire de Précision akan memiliki dua lokasi di Swiss, yaitu di Bienne dan Villeret, yang bersama-sama menciptakan ruang khusus seluas lebih dari 1000m2 untuk pengujian kronometri.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading