Sukses

Food

7 Resep Masak Telur Dadar ala Rumah Makan Padang, Simpel dan Enak untuk Ramadan 2024

Fimela.com, Jakarta Pilihan menu yang tak pernah membosankan adalah telur dadar. Selain simpel dalam pembuatannya dan kebutuhan bahan yang minim, hidangan ini seringkali menjadi makanan yang disenangi bagi masyarakat Indonesia.

Namun, cara pembuatan telur dadar versi masakan Padang ternyata berbeda. Metode khusus diperlukan untuk meracik hidangan ini. Berikut adalah beberapa tips untuk berhasil membuat telur dadar ala Rumah Makan Padang, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/2/2024).

1. Gunakan Telur Ayam dan Telur Bebek

Salah satu kesalahan umum yang mengakibatkan gagalnya telur ala padang adalah tidak menambahkan telur bebek. Telur bebek memiliki peran penting dalam meningkatkan tekstur telur dadar menjadi lebih padat dan tebal. Proporsi yang tepat untuk menggabungkan telur ayam dan telur bebek adalah dengan perbandingan 2:1.

2. Gunakan Tepung Beras dan Tepung Terigu

Adonan telur ayam dan bebek yang sudah dicampur perlu ditambahi dengan tepung beras dan terigu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepadatan hasil telur dadar. Tak lupa, tambahkan pula garam, merica, serta kaldu bubuk agar rasanya tidak hambar.

3. Tambahkan Bumbu Halus

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus adalah cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan minyak goreng yang dicampur menjadi satu dengan blender. Untuk meningkatkan rasa, bumbu halus tersebut kemudian dimasukkan ke dalam adonan telur. Jika ingin mendapatkan telur dadar berwarna kuning cerah, tambahkan sedikit kunyit bubuk.

4. Tambahkan Bahan Iris

Komposisi bahan yang diiris mencakup bawang merah, daun bawang, dan seledri atau sayuran lain sesuai selera. Penggunaan bahan iris ini bertujuan untuk memberikan tekstur serta meningkatkan kepadatan telur dadar.

5. Aduk Adonan Telur dengan Tepat

Cara yang tepat untuk mencampur adonan telur dadar Padang adalah dengan memperhatikan agar potongan bawang merah yang telah ditambahkan terpisah dengan baik. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa amis yang mungkin muncul akibat penggunaan telur bebek.

6. Gunakan Api Paling Kecil saat Menggoreng

Penting untuk memperhatikan teknik dalam menggoreng telur dadar ala Padang. Ketebalan diameternya yang cukup membuatnya rentan tidak matang secara merata jika api tidak disesuaikan dengan baik. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan api kecil saat menggoreng telur dadar ala Padang agar matang secara merata dari luar hingga dalam.

7. Goreng di Teflon dengan Ukuran Sedang

Apabila menggunakan teflon dalam ukuran yang cukup besar, akan mengakibatkan penurunan ketebalan telur. Namun, jika ukuran teflon terlalu kecil, telur akan sulit untuk dibalik saat proses penggorengan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan teflon berukuran sedang agar ketebalan telur tetap terjaga dan telur tidak rusak saat dibalik.

Bagaimana Cara Menggoreng Telur?

Panaskan wajan yang telah diberi sedikit minyak, tuang telur ke dalam wajan. Masak dengan api kecil ke sedang agar telur dadar tidak mudah gosong. Balik telur jika bagian bawahnya telah matang dan masak hingga semua bagian telur matang. Angkat telur dadar yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Kenapa Dibilang Telur Dadar?

Kenapa Disebut Telur Dadar? Asal-usul istilah 'dadar' konon berasal dari kata lebar atau diperluas. Dengan kata lain, telur dikocok terlebih dahulu sebelum digoreng hingga melebar.

Berapa Lama Proses Memasak Telur?

Beda jenis kematangan, beda pula waktu merebusnya. Waktu merebus telur yang umum dijadikan pedoman terbagi menjadi empat, yakni 6 menit dan 8 menit untuk soft boiled eggs, serta 10 menit dan 12 menit untuk hard boiled eggs.

Apa Perbedaan Omelet dan Telur Dadar?

Telur dadar dan omelet hanya memiliki sedikit perbedaan. Tekstur omelet lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan telur dadar. 

Apakah Menggoreng Telur Pakai Minyak?

Saat menggoreng telur, pastikan juga menggunakan minyak yang sehat. Beberapa minyak goreng sehat yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun atau minyak kanola.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading