Sukses

Food

Cukup Tambah 1 Bahan, Begini Cara Masak Bihun Biar Tetap Kenyal dan TIdak Lembek

Fimela.com, Jakarta Bihun bisa menjadi alternatif pengganti nasi sebagai makanan pokok selain mie atau kentang. Bihun juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan enak seperti bihun goreng atau bihun kuah.

Dibandingkan dengan mie, tekstur bihun lebih tipis dan mudah patah. Karena itu, bihun seringkali perlu direbus lebih lama agar tetap kokoh dan kenyal.

Namun, untuk membuat bihun goreng, bihun biasanya harus dimasak dua kali. Ini sering membuat bihun menjadi benyek dan tidak menarik.

Jangan risau, seorang pengguna TikTok dengan akun @zulaiyqa_enot punya trik tersendiri biar bihun tetap tidak lembek meskipun tanpa direbus.

Apakah ada bahan tertentu yang digunakan? Cari tahu jawabannya pada pembahasan yang dirangkum pada Minggu (26/05/2024) berikut ini.

 

Cuci Bihun Sampai Bersih

Seorang pengguna TikTok asal Malaysia ini menyatakan bahwa dia hanya mencuci bihun tanpa merebusnya. Dengan cara ini, tekstur bihun tetap kuat dan tidak menjadi lembek karena tidak terkena panas dari air rebusan.

Masak Bumbu Bihun

Tahap selanjutnya adalah mencampurkan bumbu ke dalam bihun goreng seperti biasa. Pastikan bumbu yang ditambahkan cukup banyak agar bihun memiliki tekstur lebih lembut dan tidak terlalu keras.

Masukkan Bihun Ke Wajan

Ketika bumbu yang dimasak sudah mengeluarkan wangi yang harum, tambahkan bihun ke dalam wajan. Terlihat bahwa tekstur bihun yang dimasukkan masih sangat kuat karena belum direndam dalam air panas.

Tambahkan Secangkir AIr

Agar bihun yang masih keras dapat lebih lunak, tambahkan sedikit air ke dalam wajan. Penting untuk menghindari penggunaan air berlebihan agar bihun tidak menjadi terlalu lembek.

Seperti biasanya, aduk bihun secara terus-menerus hingga tercampur rata dengan bumbu. Setelah air di dalam wajan habis, matikan api untuk menyajikan bihun.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Bihun

Merendam Bihun dengan Air Apa?

Agar memastikan kualitas bihun yang baik serta tekstur yang kenyal dan tidak mudah rusak, rendamlah bihun dalam air hangat atau dingin. Aduk secara teratur untuk mencegah lengketnya bihun. Proses perendaman bisa dilakukan selama maksimal 5 menit.

Apa Bedanya Bihun dan Soun?

Bihun dibuat dari beras, sedangkan soun berasal dari pati kacang hijau. Keduanya umum digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia seperti sop, ketoprak, bakso, risol, dan lainnya.

Apa Bahan Pembuat Bihun?

Sesuai dengan namanya, bahan utama pembuatan bihun adalah beras. Jenis beras yang digunakan harus beras pera, yang memiliki kandungan amilosa tinggi dan amilopektin rendah. Ini menghasilkan gel yang kuat saat diolah menjadi bihun.

Apakah Bihun Bisa untuk Pengganti Nasi?

Dilihat dari segi indeks glikemik, soun dan bihun sebenarnya adalah sumber karbohidrat yang layak sebagai pengganti nasi. Nasi memiliki indeks glikemik sebesar 73. Indeks glikemik yang rendah pada soun dan bihun membantu menghindari lonjakan gula darah setelah mengonsumsinya.

Apakah Bihun Lebih Baik dari Mie Instan?

Umumnya, baik bihun maupun mie instan kurang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak pengawet, perasa, dan bahan tambahan lainnya. Keduanya sama-sama tidak lebih baik dari yang lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading