Sukses

Health

7 Makanan dan Minuman Penyebab Plak Gigi

Fimela.com, Jakarta Plak gigi adalah lapisan gigi yang mengandung mikoorganisme, dan dapat menyebabkan gigi rusak. Plak gigi yang tidak segera dihilangkan, akan mengeras dan membentuk karang gigi. Masalah gigi ini sering terjadi dan menyebabkan rasa percaya diri menurun.

Plak gigi dapat dilihat jika Sahabat Fimela berkumur dengan larutan berwarna ungu dan merah muda. Setelah berkumur, plak gigi akan berwarna seperti larutan tersebut. Sedangkan gigi yang bersih akan tetap berwarna normal.

Penyebab plak gigi yang paling utama adalah karena tidak pernah membersihkan gigi setelah makan. Karena makanan dan minuman memiliki kandungan yang dapat menjadi penyebab plak gigi. Berikut makanan dan minuman penyebab plak gigi yang harus dihindari, dilansir dari beberapa sumber:

Makanan Penyebab Plak Gigi

1. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Apakah Sahabat Fimela suka makan makanan manis? Ternyata makanan manis bisa menjadi plak gigi. Makanan manis yang menempel pada gigi, akan menimbulkan zat asam yang membentuk plak gigi. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan manis dan segera gosok gigi setelah makan.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah yang diolah dengan beberapa proses masak, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berkurang. Dalam karbohidrat olahan mengandung gluten yang tinggi. Kandungan ini disukai dengan mikroorganisme di mulut, sehingga akan menyebabkan plak gigi jika tidak segera dibersihkan setelah mengonsumsinya.

3. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega, es krim dan lain semacamnya harus dihindari. Walaupun kandungan kalsium di dalam produk olahan susu sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut, tetapi sisa produk olahan susu yang menempel di gigi akan menyebabkan plak gigi yang susah dihilangkan. Bahkan produk olahan susu juga menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

4. Buah-Buahan Kering

Hindari mengonsumsi buah-buahan kering yang sudah diolah dengan proses pengawetan. Selain kurang menyehatkan, buah-buahan kering dapat menjadi penyebab plak gigi. Karena buah-buahan kering memiliki kandungan gula yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan gigi.

Minuman Penyebab Plak Gigi

5. Kopi

Ada baiknya Sahabat Fimela mengurangi kopi. Karena kopi mengandung unsur asam yang menyebabkan plak gigi. Kandungan tanin yang terdapat dalam kopi memicu terbentuknya karang gigi. Bahkan kopi bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning dan bau mulut tidak sedap.

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang menyegarkan jika dikonsumsi saat cuaca panas. Tanpa disadari, minuman bersoda mengandung gula tambahan yang sangat banyak. Kandungan asam fosfat dan karbonat yang menjadi penyebab plak gigi. Termasuk minuman diet soda juga harus dihindari.

7. Minuman Alkohol

Minuman alkohol seharusnya tidak boleh dikonsumsi. Minuman ini dapat menyebabkan plak gigi dan memicu kerusakan pada ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi minuman alkohol akan memperburuk kondisi tubuh, sehingga berisiko terkena kanker.

Buah yang Baik untuk Gigi

1. Apel

Buah apel sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi. Buah apel memberikan efek mencerahkan gigi dan membantu menghilangkan plak. Dengan menggigit dan mengunyah buah apel, kandungan serat, asam alami dan senyawa astrigen bisa membantu membersihkan gigi dan mencerahkan gigi.

2. Stroberi

Storberi adalah buah yang kaya akan asam malat, vitamin C dan antioksidan yang bisa mencerahkan gigi kuning secara alami. Selain itu, kandungan stroberi juga bisa membantu meningkatkan produksi air liur, mencegah sariawan, membuat nafas lebih segar dan mencegah gusi berdarah. Kandungan antioksidan di dalam stroberi dapat mengangkat plak gigi.

3. Jeruk

Buah jeruk termasuk buah yang kaya vitamin C. Mengonsumsi buah jeruk bisa membantu mencerahkan gigi dan menghilangkan plak gigi. Tak hanya dagingnya saja, kulit buah jeruk yang dihaluskan setelah dikeringkan, bisa dicampurkan dengan air hangat sebagai pasta gigi alami, untuk mencerahkan gigi menguning dan mengangkat plak.

What's On Fimela
Loading