Sukses

Health

4 Tips Memelihara Kesehatan Tubuh di Tengah Musim Pancaroba

Fimela.com, Jakarta Tinggal di negara tropis dengan dua musim membuat kita mau tidak harus berhadapan dengan pancaroba, yakni musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya seperti musim penghujan ke musim kemarau dan sebaliknya. 

Di masa ini kondisi alam berubah-ubah tidak menentu. Bisa saja kita melihat matahari cerah di siang hari namun tiba-tiba mendung dan hujan di sore. Belum lagi ditambah angin yang bertiup lebih kencang daripada biasanya. Perubahan suhu yang drastis ini membuat kondisi tubuh kita rentan terkena penyakit. Mulai dari flu, diare, hingga demam berdarah bisa menyerang tubuh kita. 

Oleh karena itu, Sahabat Fimela harus pandai-pandai menjaga kondisi agar tetap sehat dan bugar di kala musim pancaroba tiba. Nah, ini dia 4 tips memelihara kesehatan tubuh di tengah pancaroba.

Istirahat yang Cukup

Salah satu cara ampuh agar tubuh tetap sehat adalah dengan tidur yang cukup. Pola tidur yang baik dan benar membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Idealnya tubuh kita membutuhkan 8 jam waktu tidur setiap malam.

Makan Makanan Bergizi

Makan makanan yang bergizi seimbang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Ketika musim pancaroba, perbanyak makan sayuran dan buah yang mengandung vitamin serta minum air putih, ya.

Olahraga yang Teratur

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Begitulah pepatah popular yang biasa kita dengar dan benar adanya. Sebab dengan rutin berolahraga membuat tubuh kita menjadi bugar dan sehat sehingga membuat kita bersemangat menjalani rutinitas sehari-hari.

Jaga Kebersihan

Faktor kebersihan juga mengambil peran penting untuk kesehatan kita. Baik itu kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk selalu mencuci bahan masakan dan cuci tangan sebelum makan. Rajinlah membersihkan selokan, tempat penampungan air, dan juga tempat-tempat yang sering menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa kuman penyakit.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. 4 tips di atas bisa Sahabat Fimela terapkan untuk tubuh tetap fit menjalankan aktivitas sehari-hari sekalipun di tengah musim pancaroba.

Penulis: Malichatus Sa'diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading