Sukses

Health

5 Tips Agar Tidur Malam Lebih Berkualitas, Tubuh Jadi Makin Sehat

Fimela.com, Jakarta Kesehatan adalah hal yang cukup mahal harganya. Bisa dipastikan bahwa setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Tak hanya tubuhnya yang sehat, setiap orang juga menginginkan pikiran yang lebih bahagia atau psikis yang lebih terjaga. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memiliki tubuh sehat. Mengutip dari laman healthline.com, salah satu cara untuk memiliki tubuh sehat yakni dengan memiliki tidur malam yang berkualitas. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika tidur sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikis seseorang. Lantas, bagaimana caranya untuk dapatkan tidur malam yang berkualitas? 

Berikut beberapa tips sederhana untuk dapatkan tidur malam yang lebih berkualitas. Simak baik–baik dan jangan lupa untuk mencobanya di rumah.

Hindari Alkohol dan Kafein Sebelum Tidur

Hindari konsumsi alkohol maupun kafein sebelum tidur. Dua hal ini bisa membuatmu susah tidur dan meningkatkan risiko insomnia. Alkohol dan kafein memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur harianmu.

Pastikan Tempat Tidur Nyaman

Pastikan untuk memiliki tempat tidur yang nyaman. Tempat tidur yang nyaman akan membuatmu semakin tenang, nyaman dan nyenyak dalam tidur. Tempat tidur nyaman bisa berupa tempat tidur yang bersih, wangi, tidak berisik dan memiliki suhu yang tidak terlalu panas, pengap atau sebaliknya yakni terlalu dingin dan lembab. 

Matikan Alat Elektronik dan Gadget

Usahakan untuk mematikan alat elektronik dan gadget sebelum tidur. Benda-benda ini bisa memengaruhi kualitas tidurmu. Radiasinya atau light blue yang dihasilkan dari alat-alat elektronik ini bisa menurunkan kualitas tidur bahkan merusak kesehatanmu.

Miliki Rutinitas Tidur yang Terjadwal

Miliki rutinitas tidur yang terjadwal setiap harinya. Usahakan untuk tidur di jam yang sama setiap hari dan bangun di jam yang sama pula. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidurmu dan membuatmu semakin bugar serta sehat saat bangun tidur. Rutinitas tidur yang terjadwal juga akan membantu pikiran lebih rileks.

Lakukan Hal Menyenangkan Sebelum Tidur

Lakukan aktivitas atau hal-hal menyenangkan sebelum tidur. Melakukan hal menyenangkan akan membuat pikiran semakin rileks dan kamu pun bisa menikmati tidur dengan lebih baik. 

Itulah beberapa tips untuk dapatkan tidur malam yang lebih berkualitas setiap harinya. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading