Sukses

Health

4 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kayu Manis

Fimela.com, Jakarta Kayu manis adalah salah satu rempah yang sering digunakan untuk membuat makanan manis atau dessert dan ramuan herbal. Kayu manis sendiri terbuat dari kulit batang tanaman yang disebut Cinnamomum. Khas dengan aroma dan rasa manisnya, rupanya kayu manis sudah lama dimanfaatkan sejak zaman dahulu. 

Di dalam kayu manis sendiri terkandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh contohnya adalah kalium, magnesium, kalsium, fosfor. Jadi menambahkan kayu manis ke minuman herbal atau kue buatanmu bisa memberi manfaat untuk tubuh. 

Dikutip dari Nourish oleh WebMD, berikut ini 4 manfaat yang bisa kamu peroleh dari kayu manis. 

Bersifat Anti Peradangan

Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang efektif. Dalam kayu manis terdapat fitokimia yang diuji memberi efek anti peradangan dan antioksidan sehingga baik untuk tubuh. Dengan dua sifat ini kayu manis dipercaya mampu mengatasi radikal bebas tertentu yang berbahaya untuk tubuh.

Membantu Mengontrol Diabetes

Sudah menjadi keyakinan lama bila kayu manis mampu mengambil peran penting dalam pengontrolan diabetes. Kandungan anti peradangan yang dimilikinya dipercaya bisa menekan perkembangan diabetes. Selain itu, kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan resistensi insulin, menurunkan kadar glukosa, dan mengembalikan kerusakan oksidatif. Oleh karena itu para ilmuwan percaya bahwa kayu manis mampu membantu mengobati diabetes tipe 2.

Meminimalkan Risiko Terkena Kanker

Angiogenesis adalah pembentukan pembuluh darah baru yang diinduksi oleh pertumbuhan tumor. Sementara itu, salah satu cara melawan kanker adalah mengganggu atau menghambat proses angiogenesis ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menghambat proses angiogenesis, proliferasi sel, dan komunikasi sel sehingga membuat kayu manis jadi senjata untuk mencegah atau mengobati kanker.

Memiliki Sifat Anti Bakteri

Selain anti peradangan, kayu manis juga memiliki sifat sebagai anti bakteri. Senyawa cinnamaldehyde di dalam kayu manis membuat rempah yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda dan rempah lain. Selain itu cinnamaldehyde telah diuji terhadap beberapa bakteri dan virus, termasuk staphylococcus, E. coli, salmonella, dan kandida. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa senyawa ini efektif mencegah pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut.

Meski memiliki banyak manfaat, kayu manis juga memiliki efek samping jika kamu mengkonsumsinya berlebihan. Jadi perhatikan takaran saat kamu memasukkan kayu manis ke dalam makanan maupun minumanmu agar bisa mendapat manfaat baiknya. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading