Sukses

Health

11 Makanan dan Camilan Berserat Tinggi untuk Mengatasi Sembelit Anak

Fimela.com, Jakarta Sembelit adalah salah satu masalah pada anak yang menjadi sumber utama sakit perut. Beberapa penyebabnya adalah menahan keinginan untuk buang air besar dan tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup.

Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar. Terutama saat rendahnya konsumsi buah dan sayur yang membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Jadi, sebaiknya berikan anak makanan sehat kaya serat. Karena membuat kotoran lebih mudah dikeluarkan.

Lalu, pastikan anak minum banyak air yang secara alami melunakkan tinja. Namun, jika anak terlanjur menerapkan pola makan rendah serat, ingat untuk menambahkan makanan kaya serat secara perlahan, karena jika diberikan sekaligus banyak, dapat memicu gas dan kembung. 

Berikut 11 makanan ramah anak yang kaya serat melansir dari parents.com. Kita bisa memberikan mereka sekitar 20 gram serat sehari;

 

1. Raspberry

Dalam sehari, berikan delapan gram berry yang menjadi salah satu buahberserat tertinggi. Baik segar atau beku, kita akan tetap akan mendapatkan manfaatnya.

 

2. Kentang 

Lewati kentang goreng dan pilihlah kentang panggang, rebus, atau kukus. Satu kentang ukuran sedang memiliki hampir empat gram serat (berikan dengan kulitnya untuk mendapatkan sedikit tambahan serat).

 

3. Edamame

Seperempat cangkir edamame yang dikupas memiliki tiga gram serat. Bonusnya, anak-anak suka mengeluarkan kacang dari kulitnya lalu memasukkan ke mulut mereka.

 

4. Oatmeal

Sebungkus oatmeal instan plain memiliki 4 gram serat. Tambahkan dengan irisan buah untuk mendapatkan dosis serat ekstra dan sedikit madu atau sirup maple untuk rasa manis.

 

5. Pasta gandum utuh

Ada enam gram serat dalam satu porsi pasta gandum utuh. Jika anak-anakterbiasa dengan pasta putih, campurkan setengah putih dan setengah gandum utuh dan sebut saja "pasta zebra."

 

6. Kacang-kacangan

Semua kacang-kacangan adalah sumber protein, serat, dan zat besi yang baik. Oleskan selai kacang pada roti tawar untuk camilan ekstra. Seperempat cangkir memiliki sekitar tiga gram serat.

 

7. Biji rami

Belilah biji rami giling (atau giling sendiri) untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari pembangkit nutrisi kecil ini. Flax menawarkan lemak sehat dan sekitar tiga gram serat per sendok makan. Kita dapat menambahkan biji rami ke dalam adonan muffin dan wafel atau mencampurkannya ke dalam smoothie.

 

8. Alpukat 

Seperempat cangkir alpukat tumbuk memiliki tiga gram serat, ditambah lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Tambahkan perasan air jeruk nipis segar dan sedikit garam untuk guacamole yang mudah disajikan dengan keripik, atau oleskan pada roti panggang gandum.

 

9. Popcorn

Sajikan makanan favorit anak-anak yang renyah ini pada waktu camilan - ini sebenarnya adalah biji-bijian utuh.

 

Pir

10. Pir 

Satu buah pir ukuran sedang (dengan kulitnya) memiliki lima gram serat. Dan jumlah tersebut seperempat dari yang dibutuhkan anak-anak setiap hari.

 

11. Biji delima

Biji kecil yang manis ini memiliki tiga gram serat per setengah cangkir. Makanlah secara utuh atau jadi topping di atas yogurt atau oatmeal.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading