Sukses

Health

5 Kebiasaan Kecil agar Tubuh Makin Sehat selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Agar tubuh makin sehat selama berpuasa sebulan penuh di bulan suci Ramadan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Bisa dimulai dari menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil dan sederhana dalam keseharian. Iringi niat puasa untuk beribadah dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat selama Ramadan.

Berikut ini lima kebiasaan kecil yang bisa diterapkan untuk mengupayakan tubuh yang sehat selama Ramadan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Membuat Jadwal Baru

Mengutip buku The Miracle of Fast, orang yang berpuasa mulanya memang akan mengalami lemas, kantuk, dan pusing-pusing. Namun, ini tidak berbahaya. Sebab tubuh sejatinya sedang mengalami proses adaptasi. Pada tahap selanjutnya, tubuh akan semakin segar dan sehat karena racun-racun yang ada dalam tubuh yang yang berpuasa telah dibersihkan. Maka dari itu, perlu juga menyesuaikan diri dengan membuat jadwal harian yang baru. Jadwal yang disesuaikan dengan waktu makan sahur dan berbuka puasa serta ibadah lainnya agar makin nyaman menjalani rutinitas selama bulan Ramadan.

2. Makan Sahur Secukupnya

Saat makan sahur, tak perlu sampai kekenyangan. Santaplah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Agar tidak gampang lapar saat puasa, bisa konsumsi karbohidrat kompleks yang tinggi seperti kentang atau gandum utuh saat sahur. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum dua gelas air putih sudah cukup saat sahur.

3. Tidak Langsung Makan Berat saat Berbuka Puasa

Ketika azan Maghrib berkumandang, berbukalah dengan air putih dan buah-buahan lebih dulu seperti kurma, jeruk, apel, atau mangga. Usahakan untuk tidak langsung makan berat saat berbuka puasa. Setelah minum air putih dan berbuka dengan makanan ringan, bisa shalat Maghrib lebih dulu. Lalu, beberapa saat kemudian bisa dilanjutkan dengan makan berat.

4. Tidur yang Cukup

Ya, tidur yang cukup perlu diterapkan selama bulan Ramadan. Bukan berarti sepanjang waktu dihabiskan hanya untuk tidur, melainkan berusaha untuk tidur di jadwal yang sama setiap harinya. Agar bisa bangun untuk sahur, bisa tidur lebih awal dari biasanya pada malam hari. Siang harinya bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk tidur siang bila perlu.

5. Berolahraga Ringan

Menjaga tubuh tetap aktif juga tetap perlu selama bulan Ramadan. Bisa juga dengan tetap melakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka puasa agar tubuh tetap bugar. Setiap aktivitas baik yang kita lakukan selama berpuasa bisa bernilai ibadah juga. Jadi, tetap jaga semangat untuk menjalani rutinitas yang produktif selama berpuasa, ya.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tubuh tetap sehat selama bulan Ramadan. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading