Sukses

Health

Ahli Gizi Ungkap Cara Benar Konsumsi Buah Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Dosen Gizi dari Universitas Esa Unggul, Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si, menyampaikan pentingnya pola hidup sehat dan asupan gizi yang seimbang supaya tetap fit di bulan Ramadan agar puasa tidak terganggu. Maka asupan saat sahur dan buka puasa tidak boleh sembarangan. 

Menurut Nazhif, makanan bergizi lengkap tentunya harus lezat agar nafsu makan bertambah. Salah satu yang bisa membuat nafsu makan kita bertambah namun tetap sehat saat berbuka puasa maupun santap sahur adalah menu makanan yang menyegarkan seperti buah- buahan.

Buah memiliki kandungan zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang cukup banyak, pemenuhan zat gizi ini sangat dibutuhkan tubuh terlebih dalam kondisi berpuasa. 

“Kandungan antioksidan dalam buah juga berperan dalam imunitas tubuh, menurunkan risiko penyakit PTM, serta kandungan air untuk metabolisme tubuh khususnya selama menjalani puasa saat ini,” ujar Nazhif dalam peluncuran Mayumi Saus Salad Buah. 

Nazhif pun merekomendasikan beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Ia mengatakan yang terpenting buah yang mengandung banyak air seperti melon, pepaya, semangka, pir, dan apel.

“Dengan banyak kadar air jadi tidak mudah haus. Hindari yang memiliki gas banyak seperti duren atau nangka,” paparnya. 

Cara mengonsumsi buah

Nazhif menyampaikan konsumsi buah saat sahur bisa tepat sebelum imsak. Sedangkan saat berbuka puasa bisa setelah air putih dan kurma.Ia juga menyampaikan lebih baik buah dipotong-potong lalu dimakan. Dibandingkan dijus karena tubuh akan lebih cepat menyerapkan.

Namun agar lebih bervariasi buah potong bisa dijadikan puding atau salad. Kini membuat salad buah semakin nikmat dengan tambahan Mayumi® Saus Salad Buah.

Menurut Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Dept - PT AJINOMOTO INDONESIA, menu salad buah sangat cocok dihidangkan untuk berbuka puasa, karena nutrisi penting dalam buah sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. 

“Mayumi® Saus Salad Buah dapat menjadi alternatif dalam membuat menu salad buah yang lebih praktis dan rasanya sudah pasti lezat dan nikmat,” paparnya.

Resep Salad Buah

Berikut ini resep salad buah yang dipadukan buah-buahan segar penuh vitamin dengan creamy-nya Mayumi.

Bahan-bahan

100 gr strawberry

100 gr anggur ungu

100 gr anggur hijau

100 gr kiwi

100 gr jeruk

100 gr mangga

100 gr apel

keju (garnish)

3 sachet MAYUMI Saus Salad Buah

Cara:

Potong menjadi dadu semua buah - buahan

Masukkan semua buah ke dalam wadah lalu tambahkan 3 sachet Mayumi Saus Salad Buah

Sajikan dengan keju parut diatasnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading