Sukses

Health

Selain Wortel, 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Mata

Fimela.com, Jakarta Untuk menurunkan risiko penyakit mata atau menurunkan tingkat keparahan kondisi mata tertentu dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini meliputi makanan yang mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang terkenal akan anti oksidan.

Berbicara mengenai makanan untuk menunjang kesehatan mata, yang terlintas adalah wortel. Namun, banyak makanan lain yang nyatanya lebih bermanfaat dan penting dikonsumsi demi kesehatan mata. Melansir dari Eating Well berikut daftar makanan tersebut.

1. Bayam dan Kangkung

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan kangkung adalah sumber utama lutein dan zeaxanthin sebagai zat yang melindungi retina. Bertindak sebagai antioksidan, lutein dan zeaxanthin bertugas menyerap sinar cahaya biru dan mencegahnya memasuki mata bagian dalam untuk mencegah radikal bebas. Hal ini berpengaruh pada melambatnya produksi makula sebagai penyebab katarak bagi orang tua.

2. Tiram

Zinc pada tiram dibutuhkan untuk menjaga stabilitas protein pada retina, melindungi sel retina dari kerusakan, dan memperlambat hilangnya penglihatan pada orang tua. Mengonsumsi zinc sangat penting dan zinc dapat ditemukan pada tiram. Imbangi dengan konsumsi asam lemak dan omega 3.

3. Almond

Paparan polusi dan sinar berbahaya dapat merusak sel mata yang menyebabkan menurunkan penglihatan. Kondisi ini dapat dicegah dan diperlambat dengan bantuan vitamin E pada almond. Mengonsumsi olahan kacang almond seperti susu almond bukan hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga seluruh tubuh.

4. Telur

Mengonsumsi telur secara rutin dapat meningkatkan kadar lutein dan zeaxanthin untuk mengoptimalkan dan menjaga penglihatan. Studi menemukan bahwa mengonsumsi empat hingga enam telur per minggu mampu menurunkan risiko mengalami kehilangan penglihatan yang parah.

5. Pepaya

Daging buah pepaya dapat memperlambat pembentukan katarak. Vitamin C dan sifat anti oksidan pada pepaya dapat merangsang regenerasi vitamin E pada sel mata yang berfungsi untuk melindungi retina dan menjaga kesehatan sel mata. Selain pepaya, jeruk dan paprika merah juga sama baiknya.

Untuk menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan gaya hidup sehat. Batasi penggunaan gadget untuk menurunkan risiko penyakit mata.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading