Sukses

Health

Cara Mengatasi Nyeri Akibat Gigi Bungsu yang Tumbuh

Fimela.com, Jakarta Gigi bungsu sebenarnya adalah gigi geraham yang terletak paling belakang. Berbeda dengan gigi dewasa lainnya yang tumbuh ketika kamu meninggalkan masa kanak-kanak, gigi bungsu justru baru tumbuh ketika kamu sudah dewasa, sekitar usia 17-25 tahun.

Sebagai gigi yang keluar paling akhir, terkadang gigi bungsu tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh atau keluar dari gusi. Kondisi ini menyebabkan impaksi, yaitu gigi bungsu tidak tumbuh atau keluar dengan sempurna. Akibatnya, gigi tersebut hanya keluar sebagian atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Impaksi yang dibiarkan saja akan berakibat menimbulkan rasa nyeri hingga mengganggu pertumbuhan gigi di sekitarnya. Nah untuk meredakan rasa nyerinya, kamu bisa coba cara-cara berikut ini.

1. Kompres dengan Es Batu

Es batu merupakan alat untuk pertolongan pertama yang dapat meredakan nyeri akibat gigi bungsu yang sedang tumbuh. Tidak hanya nyeri karena gigi bungsu saja, namun nyeri gigi karena akibat lain juga bisa kamu redakan dengan kompres es batu.

Jangan menempel es batu langsung pada kulitmu ya, Sahabat Fimela. Lapisi es dengan kain terlebih dahulu, baru tekan pada bagian gigimu yang terasa nyeri.

2. Kumur Air Garam

Cara berikutnya untuk meredakan gigi bungsu yang sedang tumbuh adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam mampu meredakan inflamasi serta mengatasi infeksi. Caranya cukup larutkan garam secukupnya saja dengan air hangat. Kemudian kumur-kumur menggunakan larutan air garam tersebut selama 30 detik dan ulangi 4 kali dalam sehari.

3. Teh Celup

Kantong teh celup ternyata mengandung tanin yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, hal ini disampaikan pada penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society tahun 2016. Gunakan kantong teh celup dingin yang telah didiamkan dalam kulkas sebelumnya. Kemudian tempatkan kantong teh di bagian gigi yang mengalami impaksi.

4. Minyak Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak turun temurun, karena minyaknya dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi. Cengkeh juga mengandung mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak cengkeh pada daerah yang terasa nyeri.

5. Obat-obatan

Jika berbagai bahan alami tak mampu meredakan rasa nyeri yang kamu rasakan, maka kamu bisa coba menggunakan obat-obatan. Obat-obatan yang bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri adalah ibuprofen dan parasetamol.

Namun jika rasa nyeri yang kamu rasakan tak kunjung membaik dan kamu sudah tidak tahan dengan rasa nyerinya, lebih baik segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari kemungkinan impaksi gigi bungsu yang semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading