Sukses

Health

5 Tips Menjaga Kebersihan Area Intim saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi yang terjadi setiap bulan bagi perempuan menjadi hal penting yang berpengaruh pada kesehatan organ intim. Bila tidak menjaga kebersihan dengan baik, maka bisa timbul penyakit seperti keputihan, infeksi akibat jamur dan bakteri, gatal, hingga kanker vagina. Menjaga kebersihan area intim selama menstruasi dapat membantu mengatasi rasa sakit, memberi sensasi segar dan kenyamanan.

Tidak hanya harus dibersihkan secara rutin, area intim juga harus dibersihkan dengan teknik yang tepat terutama saat masa menstruasi. Melansir dari Health Shot, berikut tips menjaga kebersihan area intim selama masa menstruasi.

1. Ganti Pembalut, Menstrual Cup, atau Tampon Secara Berkala

Darah yang keluar selama masa menstruasi dapat terkontaminasi oleh organisme tubuh. Pembalut, menstrual cup, atau tampon akan lembap setelah digunakan beberapa saat karena keringat dan darah yang menumpuk. Akibatnya, bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi saluran kemih, infeksi vagina, dan ruam kulit. Gantilah alat menstruasi setidaknya setiap 6 jam agar area intim tetap bersih dan sehat.

2. Perhatikan Cara Membersihkan Area Intim

Menjaga kebersihan dan kesehatan area intim selama menstruasi tidak hanya dengan rutin mengganti alat menstruasi, namun juga memperhatikan teknik membersihkannya. Hindari untuk mencuci area intim dari belakang ke depan karena cara ini berpotensi menyebabkan penularan bakteri dari anus ke vagina. Cara yang tepat adalah dengan membersihkan dengan arah depan ke belakang. 

3. Hindari Produk Pembersih yang Mengandung Bahan Kimia

Produk pembersih area intim yang dapat dengan mudah ditemukan umumnya mengandung beragam bahan kimia. Cara ini berpengaruh pada kesehatan area intim karena bahan kimia berisiko menyebabkan infeksi. Lebih baik gunakan air hangat atau air mengalir untuk membersihkannya dan keringkan dengan kain bersih.

4. Lengkapi dengan Membersihkan Seluruh Tubuh

Cara terakhir dan tak kalah penting untuk menjaga kesehatan area intim adalah dengan membersihkan seluruh tubuh dengan mandi. Tanpa disadari kebersihan tubuh juga berpengaruh pada kesehatan organ intim. Jangan hanya rutin mengganti alat menstruasi, namun gantilah pakaian dalam secara rutin untuk menghindari penyebaran bakteri. 

Menjaga kebersihan area intim penting untuk kesehatannya. Pastikan tubuh selalu bersih agar terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan area intimmu.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading