Sukses

Health

5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kamu pernah mencoba lemon? Ternyata buah yang satu ini menyimpan berbagai macam manfaat untuk tubuh. Lemon adalah buah berbentuk lonjong yang berwarna kuning pucat dan memiliki biji banyak yang dihasilkan oleh Citrus Lemon. Selain itu lemon memiliki kulit buah yang dapat di ekstraksi untuk membuat minyak aromatik.

Lemon kaya akan kandungan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat. Lemon mengandung nutrisi yang dapat membantu kesehatan jantung dan melindungi ginjal dari batu ginjal serta anemia. Dilansir dari operanews dan healthline (4/7) berikut adalah 5 manfaat lemon untuk kesehatan tubuhmu. Simak penjelasannya. 

Meningkatkan pencernaan

Lemon dikenal sebagai buah yang mampu menstimulasi pencernaan. Hal ini disebabkan asam sitrat yang ada didalam lemon membantu memecah makanan lebih efektif dan meningkatkan pencernaan secara keseluruhan. Lemon dapat membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti mulas dan kembung. Minum air lemon hangat di pagi hari dapat memulai sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan ususmu.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lemon berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Konsumsi lemon secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat keparahan penyakit, melindungi dari penyakit kronis dan meningkatkan penyembuhan luka.

Meningkatkan kesehatan jantung

Selain kandungan vitamin C, lemon juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan yang ada didalam lemon dapat berkontribusi pada kesehatan jantung. Flavonoid jeruk lemon merendahkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu lemon membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi peradangan, menurunkan tingkat tekanan darah, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Membuat kulit lebih sehat

Rahasia untuk meningkatkan kecerahan kulit adalah lemon. Kandungan antioksidan dalam lemon selain mengurangi risiko serangan jantung, dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit. Konsumsi lemon secara teratur dalam air membantu mengurangi jerawat, mencerahkan bintik hitam dan membuat kulit lebih sehat.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Walau lemon bersifat asam, namun lemon memiliki efek alkali pada tubuh yang membantu meningkatkan metabolisme. Lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh untuk kesehatan yang optimal. Lingkungan basa membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan peradangan, sehingga mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Sahabat Fimela, demikian manfaat lemon untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading