Sukses

Health

6 Tanda Bahwa Kamu Mengalami Depresi

Fimela.com, Jakarta Kamu mengalami kesedihan berlebih saat putus cinta? Kamu mengalami kesedihan yang berlebih saat kehilangan sesuatu? Kamu selalu merasakan perasaan buruk dimana pun kamu berada? Jika iya maka kamu mengalami depresi.

Depresi ada yang ringan dan ada yang berat. Depresi berat dinamakan depresi klinis atau gangguan depresi mayor. Hal ini lebih dari sekedar sedih. Biasanya gejala depresi akan lebih spesifik dalam membedakan kesedihan biasa dengan depresi. Dilansir dari healthline dan medicalnewstoday (13/7) berikut ini adalah tanda seseorang mengalami depresi

Merasa tidak berdaya

Depresi merebut rasa kepercayaan diri seseorang. Mereka yang depresi merasakan putus asa karena tidak menemukan ujung dari apa yang mereka rasakan. Mereka selau berpikir bahwa tidak ada yang bisa membantu mereka untuk menjadi lebih baik dan akan selalu hidup di bawah rasa tertekan.

Hilangnya minat

Orang yang depresi lambat laun akan merasakan bahwa hal – hal yang dulu mereka sukai menjadi tidak menarik lagi, seperti olahraga, pergi bersama teman, melakukan hobi. Hal ini karena mereka telah kehilangan kesenangan dalam menjalankan hal yang disuka dan akhirnya minat itu hilang. Hati-hati ini merupakan salah satu tanda depresi berat. 

Lelah dan tidak berenergi

Seseorang yang depresi akan merasa kesulitan bangun pagi karena merasakan lelah pada tubuh. Mereka bahkan tidak mampu untuk melakukan tugas sehari-hari seperti memasak dan pergi bekerja. Mereka lebih memilih untuk di rumah dan menghabiskan waktunya dengan tidur. 

Gangguan tidur

Orang yang depresi biasanya akan mengalami insomnia atau susah tidur. Hal ini karena mereka merasa lelah luar biasa sepanjang waktu dan menyebabkan tidur yang berlebihan. Saat malam tiba maka mereka akan terjaga sepanjang malam. Jika dibiarkan hal ini dapat menyebabkan kecemasan berlebih. 

Makan berlebihan

Selain insomnia, orang depresi juga akan makan lebih banyak dari biasanya. Bagi mereka makan merupakan penghibur bagi perasaan negatif serta cara untuk mengatasi kebosanan. Namun, hal ini tidak disertai dengan olahraga karena orang yang depresi sulit untuk merasa termotivasi keluar rumah. Ini dapat menyebabkan berat badan naik. 

Sulit mengendalikan emosi

Terkadang, emosinya dapat meledak tanpa bisa dikendalikan. Lalu hari berikutnya adalah air mata yang tidak berhenti mengalir. Depresi dapat menyebabkan suasana hati seseorang berubah secara ekstrem. Perubahan emosi ini tidak ada hubungan dengan apa pun, ini hanya dirasakan oleh orang yang mengalami depresi. 

Sahabat Fimela, demikian tanda-tanda bahwa seseorang mengalami depresi. Jika kamu mengalami ada baiknya untuk kunjungi tenaga ahli professional untuk membantumu keluar dari depresi. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading