Sukses

Health

5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Bagi seorang ibu menyusui, makanan yang dikonsumsi akan berperan penting dalam mempengaruhi produksi ASI dan kesehatan bayi. Ketika Mom ingin mencoba diet khusus selama menyusui, maka makanan yang harus dikonsumsi juga harus memiliki gizi dan nutrisi yang seimbang. Ditambah lagi, makanan tersebut juga dapat mempengaruhi kesehatan sang buah hati.

Pola makan yang terjaga dan banyak minum air putih harus diterapkan oleh para ibu menyusui supaya produksi ASI lancar dan dapat membantu perkembangan bayi. Selain itu, dengan konsumsi makanan sehat setelah persalinan, maka dapat mempertahankan kesehatan Mom baik secara mental, maupun fisik.

Lalu, makanan apa saja nih yang aman dan sehat untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui, terlebih lagi ketika Mom ingin mengendalikan berat badan pascapersalinan? Dilansir dari Healthline dan Mayo Clinic, terdapat beberapa pilihan makanan yang bisa dicoba untuk dikonsumsi saat menyusui: 

1. Ikan dan Makanan Laut

Makanan laut dapat menjadi sumber yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3 sehingga dapat melancarkan produksi ASI dan sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Namun, perlu diperhatikan juga untuk membatasi makanan laut yang mengandung merkuri tinggi supaya tidak berpengaruh buruk pada kesehatan bayi. Jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui yaitu ikan salmon, sarden, dan teri. Kerang dan rumput laut juga bisa menjadi pilihan makanan laut lainnya yang bisa Mom coba, lho!

2. Buah dan sayuran

Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah dan sayuran memiliki begitu banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu menyusui. Buah dan sayuran yang dapat Mom coba diantaranya buah beri, tomat, paprika, kubis, kangkung, bawang putih hingga brokoli. Kemudian, buah yang mengandung vitamin C dan sayuran hijau berkalsium tinggi juga dianjurkan untuk dikonsumsi.

Makanan tersebut memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang bisa diolah untuk berbagai masakan sehat. Nutrisi yang terdapat di dalamnya juga dapat meningkatkan kualitas produksi ASI. 

3. Kacang - kacangan dan biji - bijian

Sebagai sumber protein, kalsium, dan zat besi, beragam jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat dipilih sebagai bahan makanan sehat. Jenis dari kacang-kacangan tersebut, yaitu kacang almond, kacang kenari, kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, biji chia, dan biji rami. Beberapa jenis kacang, contohnya kacang merah juga mengandung antioksidan sehingga bisa menjaga imunitas tubuh.

Makanan ini  dapat dijadikan sebagai camilan sehat yang bisa menunjang kesehatan si kecil. Mengonsumsi makanan tersebut juga bisa menambah energi dan memberikan rasa kenyang untuk sementara waktu. 

4. Makanan yang mengandung lemak sehat

Selain jenis ikan-ikanan yang tinggi akan lemak baik, beberapa makanan lainnya juga dapat diolah untuk konsumsi ibu menyusui. Minyak zaitun, kelapa, telur, dan yogurt  menjadi beberapa variasi yang dapat digunakan untuk bahan makanan sehat. Buah alpukat bisa menjadi alternatif lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat mengatasi berat badan berlebih. Kandungan lemak ini dapat menyediakan cadangan energi, membantu dalam penyerapan nutrisi, dan meningkatkan metabolisme. 

5. Makanan tinggi serat

Makanan yang mengandung banyak serat bisa ditemukan di dalam kentang, ubi jalar, beberapa jenis kacang- kacangan, dan gandum. Bahan makanan ini direkomendasikan untuk ibu menyusui karena dapat dijadikan sumber karbohidrat. Oleh karena itu, makanan tersebut dapat memberikan asupan energi yang cukup dan bergizi tinggi untuk tumbuh kembang bayi. 

Tak hanya mengendalikan pola dan kebiasaan makan, Mom juga perlu untuk meminum banyak air putih dan berhati - hati dengan minuman yang terlalu manis. Jika terlalu banyak gula yang dikonsumsi, maka hal tersebut bisa berdampak pada penambahan berat badan. Konsumsi kafein perlu dibatasi karena dapat mengganggu pola tidur bayi dan membuat bayi merasa gelisah. Mom harus membatasi diri untuk tidak minum lebih dari 2 hingga 3 cangkir minuman yang berkafein dalam sehari. 

Suplemen juga dapat dijadikan sebagai komponen penting yang dapat meningkatkan asupan nutrisi selama masa menyusui. Namun, perlu diperhatikan juga untuk memilih suplemen yang aman dan mengandung bahan - bahan yang herbal. 

Dilansir dari Healthline, suplemen yang dapat dicoba, diantaranya yaitu suplemen yang terdiri dari beberapa kandungan tersebut : 

  1. Vitamin B-12 untuk menjaga  kesehatan selama menyusui. Untuk vitamin b-12, sumber makanan lainnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, daging tuna dan salmon, produk susu, hingga telur. 
  2. Lemak omega-3 dapat berperan dalam perkembangan sistem saraf, kulit, dan mata untuk bayi. 
  3. Vitamin D diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi suplemen, susu, dan sereal, maka imunitas dapat terjaga untuk kesehatan ibu dan bayi.

 

Itu dia beberapa rekomendasi makanan dan tips lainnya yang bisa Mom coba untuk pola makan yang lebih sehat dan bergizi. Beberapa makanan tersebut bisa dipilih untuk mengendalikan berat badan. Supaya lebih sehat, Mom juga bisa memilih suplemen untuk memenuhi sumber vitamin dan mineral. Ingatlah untuk tidak terlalu membatasi makanan dan tetap perhatikan kebutuhan nutrisi untuk ibu dan si buah hati. 

 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading