Sukses

Health

Cek Resep dan Manfaat Susu sebagai Penurun Kolesterol Alami

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka minum susu bisa membantu menurunkan kolesterol? Di tengah berbagai pilihan susu di pasaran, ternyata ada susu yang dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Walaupun ada beberapa jenis susu yang mengandung lemak dan kolesterol.

Sebelum membeli susu penurun kolesterol, Sahabat Fimela harus memahami komponen nutrisi dalam susu dan dampaknya pada kolesterol. Pemilik kadar kolesterol tinggi sebaiknya memilih jenis susu yang rendah lemak. Pilihlah susu tanpa lemak hewan seperti susu almond, susu kedelai, atau susu oat.

Hindari susu dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Karena lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berikut resep dan manfaat susu sebagai penurun kolesterol alami:

Manfaat Susu sebagai Penurun Kolesterol Alami

Susu termasuk minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. Baru-baru ini, penelitian telah menunjukkan bahwa susu juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dalam menangani kolesterol tinggi. Kandungan utama dalam susu yang mendukung penurunan kolesterol adalah asam lemak tak jenuh.

Asam lemak ini dikenal dapat meningkatkan rasio kolesterol baik (HDL) terhadap kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan meningkatkan HDL, tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kolesterol jahat dari darah. Selain itu, susu juga mengandung fitosterol, senyawa alami yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus.

Ini berarti bahwa konsumsi susu dapat membantu mencegah kolesterol jahat masuk ke dalam aliran darah dalam jumlah besar. Namun, perlu diingat bahwa pilihan susu rendah lemak seperti susu almond, kedelai, atau oat dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

Resep Susu Penurun Kolesterol

Bahan:

  • 1 gelas susu rendah lemak (susu skim atau susu almond)
  • 1 buah pisang matang
  • 1 sendok makan oatmeal
  • 1 sendok makan madu
  • Sejumput kayu manis bubuk
  • Es batu

Cara Membuat:

  1. Potong pisang menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Masukkan susu rendah lemak, potongan pisang, oatmeal, madu, dan kayu manis ke dalam blender.
  3. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur dengan baik.
  4. Tambahkan beberapa es batu sebelum menyajikan untuk sensasi segar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading