Sukses

Health

5 Manfaat Lain dari Sunscreen yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang sangat panas tentu menjadi kekhawatiran bagi banyak perempuan terutama ketika hendak melakukan aktivitas karena takut dengan sinar matahari yang menembus langsung dengan kulit. Hal ini dapat membuat wajah kusam karena paparan matahari. Oleh karena itu sangat penting menggunakan sunscreen atau krim tabir surya 

Disarankan untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebagai bagian dari rutinitas dan harus mengoleskannya kembali setiap 2 jam untuk memastikan wajah kamu terlindungi. Namun, ternyata ada manfaat lain dari tabir surya selain untuk melindungi wajah. Dilansir dari popxo dan skinrepair (6/9) ini 5 manfaat lain dari sunscreen yang harus kamu tahu.

Melindungi dari polusi

Lapisan krim tabir surya tidak hanya melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga memastikan pori-pori kulit tidak terpengaruh oleh polusi. Tabir surya yang tepat untuk suatu jenis kulit bahkan bisa membuat kulit tetap lembab sehingga tidak ada agresor lingkungan yang dapat melewati skin barrier ini.

Mencegah lingkaran hitam

Menggunakan tabir surya mungkin tidak akan membantu menghapus lingkaran hitam yang ada, namun tabir surya dapat mencegah lingkaran hitam menjadi lebih gelap. Menggunakan tabir surya bersama dengan krim perawatan di bawah mata akan memberimu kulit yang tampak lebih terang di sekitar mata.

Melindungi tubuh dari ancaman lain

Ketika kulit kamu rusak akibat paparan sinar UV, sel-sel tubuh menjadi kurang efektif dalam mendeteksi dan menyerang ancaman terhadap sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat tubuh kamu lebih sulit untuk melawan penyakit dan memperlambat kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. Memakai krim tabir surya secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga kekebalan tubuh terjaga. 

Mengurangi Eksaserbasi Fotodermatosis

Fotodermatosis adalah erupsi kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Kondisi ini dapat menyebabkan ruam yang sangat gatal, kulit terbakar yang extrem setelah paparan sinar matahari yang singkat, bintik-bintik, kulit kering, dan pigmentasi kulit yang tidak biasa. Kondisi lain juga dapat diperburuk karena sinar UV seperti Lupus dan Rosacea. 

Menurunkan risiko kanker kulit

Alasan lain kamu harus memakai tabir surya setiap hari adalah karena tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari kanker kulit. Penggunaan SPF setiap hari bahkan saat cuaca mendung atau hujan, dapat membantu melindungi kulit kamu dari sinar berbahaya yang dapat menyebabkan kanker.

Sahabat Fimela, demikian 5 manfaat lain dari sunscreen yang harus kamu tahu. Jangan malas untuk memakai sunscreen saat aktivitas. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading