Sukses

Health

5 Manfaat Mengurangi Konsumsi Garam Harian untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Garam adalah salah satu bahan masakan yang paling umum digunakan di seluruh dunia untuk memberi cita rasa tambahan pada makanan. Meskipun lezat dan tidak membuat makanan jadi hambar, mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. 

Itulah sebabnya, kini tak jarang orang membatasi konsumsi garam harian untuk meminimalkan terkena penyakit yang disebabkan mengonsumsi garam secara berlebihan, diantaranya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

Melalui artikel ini, Fimela akan berbagi pembahasan mengenai berbagai manfaat mengurangi konsumsi garam harian bagi kesehatan kamu. Simak sampai tuntas, ya!

Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Sahabat Fimela bisa mengurangi asupan garam dalam kisaran yang sehat sehingga baik tekanan darah maupun kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi garam dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Garam menyebabkan retensi cairan dalam tubuh, yang dapat meningkatkan volume darah dan membebani jantung. Dengan mengurangi asupan garam, kamu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Bantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring limbah dari darah dan mengeluarkannya melalui urin. Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan tekanan pada ginjalmu dan menyebabkan kerusakan jangka panjang. Dengan mengurangi asupan garam, kamu dapat membantu mendukung kesehatan ginjal kamu dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

Bantu Menjaga Berat Badan Ideal

Garam dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh sehingga berakibat pada kenaikan berat badan. Dengan mengurangi konsumsi garam, kamu dapat membantu menjaga berat badan kamu dalam kisaran yang sehat dan mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait lainnya.

Meskipun garam memberikan rasa yang lezat pada makanan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Dengan mengurangi asupan garam, kamu dapat membantu menjaga tekanan darah, mendukung kesehatan jantung hingga meminimalisasi risiko obesitas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading