Sukses

Lifestyle

10 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih

Bintang.com, Jakarta "Minumlah 8 gelas air putih satu hari!" merupakan kata-kata yang pasti sering kamu dengar sedari kecil. Namun, banyak dari kita yang tidak melakukannya. Bahkan mungkin kamu adalah salah seorang yang baru akan meminum air putih pada saat merasa haus saja.

Manfaat air sangat banyak untuk tubuhmu. Air bisa membuat rambutmu lebih bersinar, mengencangkan kulit, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan bisa membuatmu tidak mudah merasa lelah. Yuk, disimak waktu yang tepat untuk meminum air putih!

via: chadowsefitness.com

1-2 gelas air setelah bangun tidur. Melakukan hal ini bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh dan membantu gerak organ tubuhmu. Kamu bisa menambahkan lemon, madu atau kayu manis untuk meningkatkan khasiatnya.

1 gelas air sebelum makan. Lakukan ini setengah jam sebelum makan bisa membantu mengurangi rasa lapar dan membuatmu makan lebih sedikit. Selain itu bisa membantu lambungmu mencerna makanan yang akan masuk.

Jangan minum air putih saat makan atau sesaat setelah makan. Hal ini bisa melemahkan cairan pencernaanmu dan menjadikannya kurang efektif.

via: wholefoodsmarket.com

Ganti air putihmu dengan yogurt. Jika kamu merasa haus saat makan, kamu bisa mengganti minumanmu dengan yogurt. Meminum yogurt saat makan bisa membuat pencernaanmu bekerja lebih baik.

Minumlah air saat lapar. Hal ini bisa mengurangi rasa lapar dan membuatmu terhindar dari camilan kurang sehat yang bisa membuat tubuhmu menggendut! Setelah kamu minum, tunggulah 10 menit. Bila kamu masih lapar, mungkin karena tubuhmu sudah merengek meminta asupan makan siang. Tapi sebelum melakukannya, kamu pasti akan dibuat kaget dengan hilangnya rasa laparmu.

Minum air saat lelah. 75% dari otakmu terbuat dari air. Meminum air putih bisa membuatnya bekerja lebih baik. Minumlh segelas air putih saat kamu merasa lelah akan pekerjaan atau tugas kuliah yang tak juga berakhir untuk mengembalikan fokusmu.

Perbanyak minum air putih sebelum tengah hari. Bila kamu banyak meminum air putih di sore hari, itu akan membuat tidurmu terganggu karena ingin buang air kecil. Minumlah banyak air putih saat pagi dan siang hari!

Bila kamu ingin tidur larut, perbanyak minum air putih pada siang hari. Pada saat tidur, organ tubuh kita melakukan perbaikan. Akan lebih baik bila organ tubuhmu tidak kekurangan air. Selain itu, khasiat lainnya juga bisa membantumu mengurangi rasa lelah keesokan harinya.

via: panduanhidupsehat.com

Minumlah yang banyak sebelum dan sesudah berolahraga. Hal ini penting untuk menghindari dehidrasi saat kamu meregangkan otot-ototmu. Karena, tubuhmu perlu mengangkut nutrisi ke otot. Air juga bisa membantumu mencegah rasa lelah.

Minumlah air putih lebih dari 8 gelas saat sakit, hamil, atau menyusui. Meminum air putih saat sakit membantu tbuhmu untuk menyembuhkan diri. Saat hamil dan menyusui perempuan membutuhkan air lebih banyak, sekitar 10 gelas per hari.

Air putih bisa menyelamatkanmu dari rasa lelah, dehidrasi, dan buang air tidak lancar. Kamu bisa menjalani harimu dengan lebih sehat dan menyenangkan. Yuk, jadikan minum air putih sebagai kebiasaan!

;
Loading