Sukses

Lifestyle

Kenapa Cewek Bisa Terkena Kanker Payudara?

Fimela.com, Jakarta Kanker payudara, memang selama ini banyak ditakuti para cewek-cewek. Bukan cuma yang sudah berumur, tapi juga kamu yang masih muda. Nggak heran, soalnya menurut International Agnecy for Research on Cancer pada 2014, jumlah penderita kanker payudara di dunia sudah mencapai 458.400 pasien. Angka kematian para pasien penderita kanker payudara pun sangat tinggi. 

Kamu harus tahu, menurut penelitian yang dilakukan National Cancer Institutes, 1 dari 2 pasien kanker payudara meninggal lantaran telat ditangani. Fakta yang lebih menyedihkan, banyak cewek yang nggak sadar kalau mereka memiliki kanker payudara. Pada saat sudah mencapai stadium 3 atau bahkan akhir, baru pergi ke dokter. 

Tapi sayang, peluang kesembuhan akan semakin kecil kalau ditanganinya terlambat. Makanya, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) kerap memberikan penyuluhan kepada cewek-cewek muda untuk selalu memerhatikan kesehatan keseluruhan dan juga payudara. Seiring dengan banyaknya anak-naka muda yang memiliki kanker payudara, makanan sehat untuk mencegah dan mengobati salah satu kanker yang mematikan ini kian banyak dibicarakan. Tapi, kenapa, sih, seseorang bisa terkena kanker payudara? 

Benjolan pada Payudara Belum Tentu Kanker. (Foto: qsota.com)

Dilansir dari National Breast Cancer, sebenarnya tak ada yang tahu apa penyebab sebenarny dari kanker padyudara. Cewek satu bisa saja memiliki kanker ini. Tapi yang lain nggak. Masalahnya, para ahli di dunia belum ada yang menemukan, kenapa kanker payudara bisa muncul pada beberapa cewek saja. Tapi, yang jelas, mereka tahu kalau kanker ini selalu disebabkan kerusakan sel DNA. Kerusakan sel inilah yang membuat sel-sel bermutasi. Maka, jadilah kanker. 

Sebagian cewek percaya, ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya sel kanker pada tubuh. Mulai dari bra, hingga makanan. Artikel-artikel soal kanker pun banyak yang membuat lis apa saja penyebab kanker, terutama kanker-kanker ganas yang menggerogoti tubuh penderita. Akhirnya, banyak orang percaya dan langsung ketakutan saat menggunakan bra, dan juga saat makan makanan tertentu. 

Ini Gejala Kanker Payudara yang Sering Disepelekan. (Foto: prn.fm)

Beberapa penyebab yang kerap digembar-gemborkan media antara lain, deodoran, minuman yang mengandung kafein, microwaves, ponsel, dan bahkan kontak fisik dengan penderita. Padahal, semua yang disebutkan ini ternyata nggak benar-benar menjadi penyebab seseorang bisa menderita kanker. Para cewek dengan faltor risiko tertentu memang memiliki angka kemungkinan menderita kanker. 

Faktor risiko ini seperti, sering minum-minuman beralkohol, makan junk food, nggak pernah olahraga, menjadi faktor risiko yang bisa mendorong seseorang terkena kanker. Jadi, bukan sebagai faktor atau sebab utama seseorang menderita kanker, lho! Faktor risiko ini sebenarnya bisa dihindari. Jadi, kamu nggak perlu takut dan langsung panik. Karena, ada juga cewek-cewek yang punya faktor risiko, tapi nggak pernah ada sel kanker yang tumbuh pada tubuhnya, terutama pada payudara. Jadi, sebaiknya kamu yang masih muda sering-sering memeriksa  payudadaramu dengan cara pjatan khusus atau juga ke dokter. Dengan begitu, kalau ada sel kanker payudara, akan langsung ditangani sejak dini. 

;
Loading