Sukses

Lifestyle

Donat bantat dan tidak mengembang, apa penyebabnya?

Fimela.com, Jakarta Sudah mencoba membuat donat sesuai dengan resep, tapi kenapa donat bantat dan tidak mengembang? Mungkin ada kesalahan-kesalahan yang selama ini tidak kita sadari. Mulai dari pembuatan adonan hingga proses penggorengan.

Penyebab donat bantat dan tidak mengembang bisa dipengaruhi oleh sejumlah hal. Untuk selengkapnya, langsung saja simak infonya di sini ya biar nanti waktu mau membuat donat lagi hasilnya bisa sempurna sesuai dengan keinginan.

1. Adonan donat terlalu lembek

Perhatikan saat kita menguleni adonan. Sebaiknya jangan terlalu lembek. Ketika menguleni adonan, hasilnya memang tak bisa terlalu kalis. Karena nanti donat masih harus melewati proses fermentasi. Adonan yang terlalu lembek juga bisa disebabkan karena kelebihan salah satu bahan baku, seperti kebanyakan air atau margarin. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menambah tepung sedikit demi sedikit ketika donan diuleni. Tapi penambahan tepungnya jangan terlalu banyak karena khawatir donat akan jadi keras saat digoreng.

2. Proses fermentasi terlalu lama

Adonan donat yang selesai dibuat perlu didiamkan atau diistirahatkan. Biasanya perlu didiamkan 10 hingga 20 menit. Dalam kurun waktu tersebut kita perlu tetap mengecek apakah adonan sudah mengembang. Tapi proses fermentasi ini jangan sampai kelamaan. Kalau donat terlalu mengembang, nantinya akan menyulitkan kita dalam proses penggorengan dan hasilnya pun bisa kurang sempurna.

3. Adonan tidak dalam keadaan dingin

Saat adonan diuleni dan diistirahatkan, taruh di tempat dengan suhu ruangan. Jangan terlalu dekat kompor atau di tempat yang bersuhu panas. Jaga adonan agar tetap dalam keadaan sejuk agar adonan tidak rusak.

4. Lubang donat terlalu besar

Bentuk donat akan makin ringkih bila lubangnya terlalu besar. Diameter lubang tengahnya setidaknya cukup 2-3 cm saja.

5. Bentuk adonan donat kasar dan berantakan

Ketika donat sudah dibentuk dan siap digoreng, perbaiki dulu bentuknya. Donat yang mulus dan tekstur permukaannya halus saat digoreng akan menghasilkan donat yang lebih lembut.

Proses pengulenan, pembentukan adonan, dan penggorengan donat memang perlu diperhatikan semua. Semoga dengan mengetahui penyebab-penyebab di atas, setelah ini kita bisa membuat donat yang lebih lembut dan mengembang ya.

;
Loading