Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Usus Ayam Agar Tidak Amis Sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Membersihkan usus ayam agar tidak amis sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi memang butuh kesabaran untuk membersihkannya demi menghasilkan olahan atau hidangan yang lezat.

Untuk menghilangkan kotoran dan bau amis usus ayam, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Usus ayam tak cukup bila hanya dicuci saja. Perlu tambahan bahan lain untuk membersihkannya. Selengkapnya, yuk simak tips-tipsnya di bawah ini.

Menggunakan air kapur sirih

Kalau punya kapur sirih, kita bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau amis pada usus ayam. Caranya siapkan air dan kapur sirih secukupnya. Rendam usus ayam dalam larutan kapur sirih selama sekitar 20 menit. Kemudian, cuci bersih lalu rebus usus ayam sampai matang.

Menggunakan air perasan jeruk nipis

Air perasan jeruk nipis juga sangat ampuh digunakan untuk melenyapkan bau amis usus ayam. Caranya tinggal lumuri usus ayam dengan air jeruk nipis secukupnya. Diamkan sekitar 15 menit, lalu cuci dengan air mengalir sampai bersih baru bisa diolah sesuai dengan keinginan kita.

Rebus dengan daun salam

Agar usus ayam tidak bau amis, kita perlu merebusnya dua kali. Pertama rebus dengan air biasa setengah matang, buang airnya. Lalu ganti dengan air yang baru dengan tambahan beberapa lembar daun salam, rebus kembali sampai cukup empuk.

Menggunakan susu dan mentega

Kalau ingin mendapatkan rasa daging usus ayam yang lebih gurih, cara ini bisa dicoba. Siapkan susu yang dicampur dengan mentega secukupnya, kemudian rendam usus dalam larutan susu dan mentega tersebut selama sekitar 15-20 menit. Setelah itu bisa dicuci bersih dan dibilas untuk kemudian diolah sesuai keinginan kita.

Kita bisa memilih salah satu cara di atas yang sekiranya paling mudah kita coba. Selain itu, sangat disarankan untuk mencuci usus ayam dengan air keran atau air mengalir agar semua kotorannya bisa hilang. Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading