Sukses

Lifestyle

7 Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Meningkatkan Karir

Bicara soal media sosial, tentu Anda tahu bahwa saat ini media sosial bukan hanya sarana sharing dan berinteraksi dengan teman-teman Anda, tapi juga sudah menjadi sarana bisnis. Pebisnis mulai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, bahkan melakukan interaksi jual beli. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan. Apa yang Anda tulis atau yang Anda post di media sosial, akan mencerminkan diri Anda. Bagaimana cara Anda berbicara, mengungkapkan sesuatu, atau mempromosikan sesuatu, akan mempengaruhi orang lain, baik atau buruk. Tentu saja itu juga akan berpengaruh pada produk Anda. Lalu bagaimana cara menggunakan media sosial sebagai sarana bisnis dengan tepat? Ikuti saran yang telah dilansir oleh Cosmopolitan.com ini yuk Ladies.

    Kenali Batasan Anda

    Sebagai permulaan, mulailah dengan 1 atau 2 standar, misalnya harga, jenis barang. Sebagai contoh, Anda menjual sepatu wanita dengan harga menengah ke atas. Pertahankan itu hingga banyak orang mengenal barang Anda. Pertimbangkan juga media sosial apa yang akan Anda pakai. Jika Anda ingin fokus pada foto atau gambar, pakailah media sosial yang mendukung, misalnya Instagram.

    Profile Picture dan Bio

    Profile picture dan biodata layaknya data pribadi Anda. Jangan dibiarkan kosong. Itu yang akan menarik perhatian orang pertama kali.

    Rutin Posting

    Usahakan Anda rutin mengunggah foto produk Anda, jangan "vacum" terlalu lama, ini akan mempengaruhi ketertarikan calon pembeli pada produk Anda. Jalin komunikasi dengan calon membeli, misalnya dengan rajin menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

    Dengar Sebelum Bicara

    Perhatikan baik-baik kritik dan saran yang Anda terima dari calon pembeli. Jangan asal bicara untuk menjawab kritik dan saran tersebut. Jawaban Anda akan menjadi konsumsi publik.

    Ekspresikan Diri Anda

    Bisnis Anda akan lebih mudah jika sesuai dengan minat Anda. Misal Anda suka fashion, Anda bisa mencoba bisnis fashion item.

    Jangan "Mengemis"

    Jangan pernah memaksa orang lain untuk mengunjungi timeline Anda atau untuk follow Akun Anda. Hal itu sangat mengganggu dan akan memberi kesan Anda putus asa. Unggahlah hal-hal yang menarik, dengan foto yang bagus, dan kalimat promosi yang menjual. Anda juga dapat sharing unggahan orang lain yang Anda suka. Hal itu dapat menjalin ikatan antara Anda dengan pebisnis lain, juga  dapat menarik ketertarikan orang lain yang belum tahu tentang Anda.

    Menginspirasi

    Anda bisa memakai quotes atau kata-kata lain yang sifatnya menginspirasi. Kebanyakan orang suka hal-hal yang menginspirasi. Ini dapat membuat konten Anda lebih menarik dan lebih disukai orang.

Jadi kesimpulannya, Anda harus menyaring perkataan dan pemikiran Anda sebelum mengunggahnya. Jangan memakai timeline orang lain sebagai sarana promosi. Orang akan mengunjungi timeline Anda jika mereka tertarik dengan produk Anda. Maka buatlah unggahan Anda lebih menarik. Semoga bermanfaat Ladies.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading