Sukses

Lifestyle

7 Pola Makan yang Bikin Gemuk, Hindari ya!

Fimela.com, Jakarta Pola makan sangat memengaruhi kebugaran dan berat badan kita. Bila selama ini kita merasa susah sekali menurunkan berat badan atau badan cenderung gampang gemuk, mungkin ada yang salah dari pola makan kita. Tapi seberapa jauh sih pemahaman kita soal pola makan? Apakah kita sudah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar tidak gampak gemuk?

Robert Hendrik Liembono dalam bukunya DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan) menyebutkan ada tujuh hal yang termasuk dalam pola makan gemuk. Dengan kata lain, ada kebiasaan-kebiasaan makan dan minum yang bisa menyebabkan kegamukan. Selengkapnya, yuk kita kupas di sini.

1. Tidak Sarapan/Sarapan yang Salah

Sarapan yang salah atau malah tidak sarapan sama sekali bisa menyebabkan kegemukan. Berdasarkan metode DEBM, disarankan untuk sarapan dengan menu tinggi protein dan lemak untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh kita.

2. Minum Teh/Kopi Manis

Air putih merupakan minuman yang paling aman untuk menjaga berat badan tetap ideal. Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis, termasuk teh manis dan kopi manis bisa menyebabkan kegemukan. Sebisa mungkin konsumsi gula jangan sampai berlebihan setiap harinya.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Makan Mi atau Nasi Goreng Tengah Malam

Nah, yang biasanya gampang lapar di tengah malam, bijaklah memilih makanan yang dikonsumsi. Tidak disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi karbo pada malam hari. Kalau merasa lapar, bisa siasati dengan minum air putih atau ngemil agar-agar tanpa gula.

4. Jarang Makan, tapi Sekali Makan Langsung Banyak

Perut yang terlalu kenyang juga bisa membuat kita jadi merasa mengantuk dan malas berkegiatan. Daripada jarang makan tapi sekali makan langsung banyak, mending sering makan terutama protein hewani dalam jumlah kecil. Misal, sarapan dengan telur, lalu makan siang dengan variasi keju.

3 dari 3 halaman

5. Ngemil Gorengan dan Aneka Olahan Tepung

 Kalau mengikuti metode DEBM, camilan yang diperbolehkan meliputi keju, ikan, sate, dan kerupuk kulit. Terlalu sering ngemil aneka gorengan dan olahan yang berbahan tepung bisa membuat berat badan naik.

6. Makan Buah Kebanyakan

Mengonsumsi buah yang kandungan gulanya tinggi dalam jumlah berlebih juga tidak disarankan. Tetap usahakan makan buah secara bijak.

7. Makan Malam Berkarbo

Kita tetap perlu makan malam. Hanya saja menunya sebaiknya tidak mengandung karbohidrat. Mau menikmati sate atau steak pun bisa asal tidak pakai karbo atau bahan tepung dan minyak. Sebisa mungkin batasi waktu akhir untuk makan malam pada pukul 18.30.

Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dengan tepat. Bagaimana segala sesuatu yang berlebihan tak baik untuk tubuh. Akan lebih baik lagi bila kita mengimbanginya juga dengan olahraga rutin setiap hari, seperti jalan kaki setiap 30 menit setiap sore untuk menjaga kebugaran tubuh.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mempersiapkan Tubuh Jelang Ramadan agar Puasa Lancar
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Gagal Diet, Pahami Biar Nggak Makin Stres ya!