Sukses

Lifestyle

Mendirikan Salat Tarawih, Bolehkah Dilakukan Sendiri di Rumah?

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 8 bulan Ramadan. Mengenai Ramadan, selain diwajibkan untuk berpuasa, umat muslim juga diperintahkan untuk berlomba-lomba menebar kebaikan serta memperbanyak amalan sunah. Salah satu amalan yang sangat disarankan adalah mendirikan salat tarawih.

Namun Sahabat Fimela, mengenai salat Tarawih ini, apakah ini harus dilakukan berjamaah di masjid atau mushala? Apakah salat Tarawih boleh dilakukan sendiri di rumah?

Melansir dari laman konsultasisyariah.com, para ulama menegaskan bahwa salat Tarawih boleh dikerjakan sendiri di rumah tanpa jamaah. Dijelaskan bahwa, "Hukum mengenai masalah tarawih, bahwa salat tarawih hukumnya sunah dengan sepakat ulama... dan boleh dikerjakan sendiri di rumah tanpa berjamaah." (Al-Majmu' Syarh Muhadzab, 4/31).

Salat Tarawih Sendiri di Rumah, Bagaimana?

Meski boleh dikerjakan di rumah, sebagian besar ulama sepakat jika salat Tarawih lebih utama dikerjakan secara berjamaah. Selain akan mendatangkan pahala penuh, salat berjamaah juga sebagai syiar Islam dari kaum muslimin.

Lantas, bagaimana dengan perempuan yang hendak salat berjamaah di masjid? Apakah mereka diperbolehkan? Dalam sebuah hadis diriwayatkan, "Jika istri kalian meminta izin pada kalian untuk ke masjid, maka izinkanlah mereka." (HR. Muslim). Meski seorang perempuan diperbolehkan salat berjamaah di masjid, ada hal yang perlu diingat dan diperhatikan.

Perempuan yang pergi ke masjid sebaiknya tidak memakai wangi-wangian atau dandan terlalu mencolok. Dikhawatirkan ini bisa menimbulkan godaan. Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, "Perempuan mana saja yang memakai wangi-wangian, maka janganlah dia menghadiri salat Isya' bersama kami." "Jika salah seorang di antara kalian ingin mendatangi masjid, maka janganlah memakai wangi-wangian." (HR. Muslim)

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Marhaban ya Ramadan, terus semangat untuk berlomba-lomba menebar kebaikan di bulan yang penuh keberkahan juga kemuliaan ini ya Sahabat Fimela.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading