Sukses

Lifestyle

Sahur Hanya dengan Air Putih Apakah Diperbolehkan?

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tidak terasa hari ini umat muslim telah sampai ke hari 9 ibadah puasa Ramadan. Buat Sahabat Fimela yang sedang menjalankan ibadah puasa, masih semangat?

Bicara mengenai puasa Ramadan, hal yang sangat identik dengan Ramadan adalah momen berbuka dan sahur puasa. Di awal-awal puasa sebagian besar dari kita mungkin akan sangat semangat berbuka dan sahur. Kita akan sangat semangat menyediakan makanan serta minuman terbaik yang bisa menutrisi tubuh dengan baik pula.

Tapi sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit dari kita yang mulai malas untuk berbuka apalagi untuk sahur. Alih-alih makan sahur dengan nasi, lauk dan makanan bernutrisi lainnya, seiring berjalannya waktu tidak jarang kita hanya akan minum air putih saat sahur. Mengenai hal ini apakah ini diperbolehkan?

2 dari 3 halaman

Sahur dengan Air Putih

Rasulullah SAW sangat menyarankan agar umat muslim makan sahur sebelum berpuasa. Sahur memiliki banyak keutamaan. Bahkan ketika sahur itu hanya dengan sekedar minum air putih saja.

Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda, "Makan sahur itu berkah, karena itu, janganlah kalian tinggalkan, meskipun hanya dengan minum seteguk air. (HR. Ahmad 11086 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Meski sahur dengan seteguk air diperbolehkan, tetap saja sahur sebaiknya dilakukan dengan makan makanan bergizi. Sahur hanya dengan air putih dikhawatirkan tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh secara keseluruhan. Sahur hanya dengan air putih dikhawatirkan juga akan membuat tubuh rentan dehidrasi, menyebabkan gangguan pencernaan hingga membuat tubuh lemas selama seharian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya. Yuk, makin semangat buat menyiapkan makanan bernutrisi untuk berbuka maupun sahur.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudik Jalur Darat ke Sumatera, Ini Daftar Tol yang Bisa Kamu Lalui
Artikel Selanjutnya
Memaafkan Diri Sendiri Menjadi Cara Berdamai dengan Hati