Sukses

Lifestyle

4 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kondisi Keuangan Pribadi

ringkasan

  • Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai berusaha mengelola keuangan pribadi.
  • Beberapa hal yang harus mulai diperhatikan ketika mengelola keuangan pribadi adalah tabungan pensiun, asuransi, dokumen legal, dan kredit.

Fimela.com, Jakarta Baru mulai berusaha mengelola keuangan? Tidak masalah, karena mengelola dan berusaha meningkatkan kondisi keuangan adalah proses berkelanjutan.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mengelola keuangan adalah memiliki ketenangan pikiran, menabung lebih banyak uang, dan membangun kekayaan. Dilansir dari sheknows.com, Senin (20/5/2019), berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kondisi keuangan pribadi.

1. Tinjau jumlah tabungan yang kamu miliki untuk masa pensiun

Kebanyakan orang tidak menabung jumlah uang yang cukup untuk masa pensiun. Untuk memastikan kamu bisa hidup nyaman setelah berhenti bekerja, investasikan setidaknya 10 sampai 15% dari penghasilan sebelum pajak.

Jangan terjebak dengan pikiran bahwa kamu masih terlalu muda untuk menabung dan memikirkan masa pensiun. Memulai lebih awal berarti kamu bisa mengumpulkan uang lebih banyak daripada orang lain yang memulai mengelola keuangan di kemudian hari.

2. Pertimbangkan cakupan asuransi yang benar-benar kamu butuhkan

Untuk melindungi aset yang ada, pastikan kamu memiliki jenis asuransi yang tepat. Periksa jenis dan jumlah pertanggungan setiap tahun, pastikan kamu tidak kekurangan atau kelebihan asuransi saat baru mulai mengelola keuangan pribadi.

 

Dokumen legal dan kredit

3. Ketahui dokumen legal yang harus kamu miliki

Ada beberapa jenis dokumen legal dan penting yang harus dimiliki setiap orang, seperti wasiat, surat kuasa, proksi perawatan kesehatan, dan surat kehendak hidup. Kamu sudah memiliki yang mana saja?

4. Tinjau dan tingkatkan kredit

Skor kredit memiliki peranan besar dalam pengelolaan keuangan pribadi, karena akan mempengaruhi besaran bunga yang kamu bayar, asuransi, dan berbagai setoran utilitas. Usahakan untuk tidak merusak skor kreditmu sendiri dengan cara apapun.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Sissy Priscillia Mengatur Keuangan Keluarga agar Tidak Boros
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 6 Langkah Terbaik untuk Mulai Mengelola Keuangan